Social Media

Apa itu Telegram dan Bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk Berbisnis

Telegram untuk berbisnis? Bisakah?

Telegram belakangan ini banyak dibicarakan oleh orang-orang.

Bukan cuma karena kontroversi yang sedang beredar, aplikasi baru ini ternyata membawa angin segar untuk para pengguna mobile phone.

Telegram diperkirakan akan terus berkembang dan dipertimbangkan keberadaannya.

Aplikasi ini bisa bersaing dengan aplikasi lain yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat.

Di antara Anda mungkin sering mendengar aplikasi Telegram, tapi masih belum tahu sebenarnya aplikasi apa ini.

Nah, untuk artikel kali ini, kita akan membahas soal Telegram.

Kita akan membahas dari hal yang paling dasar, mengenai apa itu Telegram sampai mencari tahu apakah kita bisa menggunakan Telegram untuk berbisnis.

Penasaran? Mari kita mulai pembahasannya.

Mengenal Aplikasi Telegram Lebih Dekat : Apa Itu Telegram?

Telegram dilauncing pada tahun 2013 oleh Nikolai dan Pavel Durrov.

Telegram dikenal sebagai aplikasi yang menggabungkan text messaging dengan kekuatan dari email.

Kita bisa mengaksesnya dimana pun, di berbagai jaringan, mengirim berbagai macam file, semuanya aman dan yang asiknya, FREE!

Sebagai sebuah cross-platform messenger, Telegram menggabungkan fitur dari WhatsApp dan Snapchat dan juga memegang marketing potensial dari Facebook.

Wow!

Ayo kita gali lebih dalam soal fiturnya.

1. Platform

Aplikasi messenger ini bisa digunakan pada setiap platform, mobile dan desktop.

Versi mobilenya bisa diakses untuk smartphone dan tablet termasuk iOS, Microsoft Window, dan Ubuntu Touch.

2Versi Desktopnya cocok digunakan dengan macOS, Windows dan Linux.

3Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pembuka, Pengguna bisa mengirimkan pesan dalam bentuk apapun, teks, foto, audio, video, dan berbagai tipe file lainnya seperti doc, zip, mp3 yang mencapai 1,5 GB.

2. Power

Karena aplikasi messenger ini bisa untuk mengirimkan file dalam berbagai bentuk, jadi yang difokuskan oleh para pengembangnya adalah kecepatannya.

Pesan yang pengguna kirim disinkronkan secara baik ke semua channel secara bersamaan.

Anda juga perlu mempertimbangkan Telegram karena aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membroadcast pesan ke orang-orang dalam jumlah besar dalam group.

3. Group

Para pemilik bisnis sangat terbantu dengan adanya fitur Telegram Group.

Ada 2 kategori yaitu Groups dan Supergroups. Di masing-masing kategori, Anda bisa mengirimkan pesan ke 200 – 5000 member secara bersamaan.

Semua member group bisa dengan mudah menshare pesan karena mereka diberikan kemudahan dalam akses dan melihat history.

Dan bukan hanya itu, setiap member bisa mem-pin pesan penting, membroadcast pengumuman khusus dan juga bisa menambahkan anggota baru ke group.

4. Secret Chat

Aplikasi ini juga membiarkan Anda untuk mengirimkan pesan secara pribadi.

Setiap kali Anda ingin menghapus obrolan ketika selesai chatting dengan orang lain, Anda tinggal end chat saja.

Yang menariknya adalah biasanya kalau kita yang menghapus chat, di mobile orang yang chat dengan kita masih ada obrolannya, tapi di Telegram, sekali chatting dihapus, maka secara otomatis ditempat orang lain juga akan terhapus.

Jadi, keamanan pesan yang dikirim sangat terjamin.

5. Self-Destruct

Maksudnya adalah pengguna (baik individu dan group) bisa mengirim pesan dengan menggunakan fitur yang mirip dengan Snapchat.

Ada batas waktu yang bisa ditentukan dan setelah waktunya habis, pesannya akan hilang.

Fitur ini menjadikan daya tarik untuk orang-orang yang ingin menggunakan Telegram untuk berbisnis.

Para pemilik bisnis kecil bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan pesan penting.

Bentuk pesan yang dibuat harus bisa membangkitkan rasa penasaran sehingga nanti orang yang membaca akan bertanya langsung kepada Anda.

6. Security

Bagaimana soal keamanan aplikasi ini?

Telegram menawarkan kenyamanan kepada pengguna sehingga mereka menggunakan keamanan yang berlapis.

4

Dengan keamanan yang terjamin, para pengguna bisa tenang karena semua obrolan dan pesan yang bersifat pribadi sangat terjaga di aplikasi ini.

Oh iya, Telegram sangat percaya diri soal kemanan dan mereka pernah memberikan tantangan ke semua orang.

Bagi yang bisa menghack ke dalam system mereka, maka ada hadiah senilai  $300,000.

7. Cloud-Based

Kemudahan akses merupakan fitur kunci dari Telegram.

Mereka menggunakan cloud based system (dimana semua informasi akan disimpan secara permanen di internet) yang akan memungkinkan Anda untuk mengakses pesan dari berbagai device.

Misalkan saja Anda mulai mendraft pesan di mobile phone Anda, Anda juga bisa dengan mudah membuka dan melanjutkannya dari desktop Anda.

Fitur ini akan sangat handy digunakan terutama untuk di lingkungan bisnis kecil.

Bisakah Menggunakan Telegram untuk Berbisnis?

Kalau dilihat dari perspektif bisnis kecil, Telegram bisa digunakan untuk berbisnis.

Di DigitalMarketer.id pun menggunakan Telegram untuk berkomunikasi dan berbisnis.

Aplikasi yang memiliki power besar dan pengguna yang lebih dari 100 juta ini belum banyak yang memanfaatkannya kelebihannya.

Jadi kalau Anda mau menggunakannya, akan sangat bagus karena belum banyak yang memakainya.

5Dengan basis pengguna yang luas, selalu ada kemungkinan kalau klien Anda dan calon klien untuk bisnis Anda menggunakan Telegram atau sebagian dari mereka setiaknya pernah mendengar tentang aplikasi ini.

Sampai saat ini data di Telegram menunjukkan kalau pesan yang dikirimkan dan diterima pengguna mencapai lebih dari 15 miliar perharinya.

Keuntungan yang ditawarkan oleh pihak Telegram kepada pemilik bisnis kecil adalah dalam hal komunikasi.

Anda bisa berkomunikasi secara nyaman dengan klien, tim Anda, partner, dll.

Lalu apa yang membedakan Telegram dengan aplikasi social media lainnya?

Mereka menciptakan pertukaran 2 arah secara langsung dengan orang yang akan menerima pesan Anda.

Business to Customer

Berinteraksi dengan customer akan menambah pengalaman karena Anda bertemu dengan banyak orang.

Semua pertanyaan umum sampai ke permintaan khusus seperti status pesanan dan support dapat ditangani dengan Telegram.

Kirimkan pesan yang relevan dan tepat waktu ke klien, maka Anda akan menciptakan hubungan yang memiliki value dan nantinya akan menghasilkan kepuasan lebih besar.

6Business to Business

Dengan menjadikan Telegram untuk berbisnis, artinya Anda sudah selangkah lebih maju untuk memperluas bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

Anda bisa berkomunikasi dengan partner dan vendor.

Platform Telegram mudah digunakan dan aman untuk cocok berbisnis.

Ada beberapa pihak yang memperkirakan kalau Telegram akan mengambil alih fungsi email sebagai medium utama untuk berkomunikasi dalam bisnis.

Benarkah itu? Mari kita ikuti saja perkembangannya.

Bots

Power lain dari Telegram yang perlu Anda ketahui adalah automation.

Dengan menggunakan bots, Anda bisa mengatur system inti dan memungkinkan robot mengambil berbagai tugas untuk Anda.

Bots Telegram juga punya opsi yang unik seperti :

  • Mengajar
  • Bermain game
  • Searching di web
  • Pengingat
  • Terhubung dengan pengguna lain
  • Integrasi dengan perangkat lain
  • Broadcasting
  • Skejuling

Jadi Anda tidak membuang-buang waktu dan bisa mengerjakan hal penting lainnya.

Benefit Telegram untuk Berbisnis

Daritadi kita membahas soal fitur yang ada dalam Telegram. Mungkin sekarang ini Anda bertanya-tanya soal benefit yang ditawaran aplikasi messenger ini.

Berikut ada benefit yang diberikan Telegram untuk Anda yang ingin berbisnis menggunakan aplikasi ini.

  • Menjadi pramutamu
  • Bisa mengorder secara online
  • Memberikan real-time support
  • Bantuan individu
  • Memproses feedback dari customer
  • Berkomunikasi dan mengoordinasi tim
  • Memberikan informasi yang up-to-date
  • Mempromosikan produk
  • Menambah traffic ke web
  • Meningkatkan brand awareness
  • Non-stop client support
  • Terdapat channel tambahan untuk proses payment

Nah, selain benefit di atas, Anda juga bisa menggunakan channel Telegram sebagai sumber informasi untuk brand dan service yang dihasilkan.

Aplikasi messenger ini juga mengambil alih fungsi banyak tools lainnya seperti :

  • Newsletter
  • Channel untuk event marketing
  • Layanan dan support operasional
  • Mengoleksi feedback
  • Channel diskon
  • Mengobrol secara informal dengan customer tentang produk
  • Channel untuk sharing tentang apa yang baru dari produk Anda. Misalnya seperti updetan, award atau yang lain-lain.

Kesimpulannya…

Dan.. Kita sudah berada pada penghujung artikel. Selamat! Wawasan Anda semakin bertambah!

Yang bisa disimpulkan pada artikel kali ini adalah walaupun Telegram bukan didesain sebagai tool untuk marketing, tetapi aplikasi ini bisa menciptakan peluang untuk berinteaksi dengan audience.

Ketika Anda menggunakan aplikasi ini untuk bisnis Anda, sebenarnya Anda telah menciptakan channel baru untuk berkomunikasi.

Sebuah link atau tag pada web atau channel social media akan memberitahu kepada pengguna lainnya kalau Anda available.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Telegram untuk berbisnis.

Untuk menentukan layanan apa yang bagus untuk bisnis Anda, bacalah page Telegram FAQ lebih lanjut.

Bagaimana? Apakah Anda siap untuk mencoba aplikasi messenger baru ini untuk berbisnis?

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Baca juga artikel menarik lainnya seperti :

Anda memiliki kesulitan atau punya cerita menarik berhubungan dengan topik ini?

Sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Write A Comment