Jika Anda berinvestasi dalam Google AdWords, Anda pasti tahu betapa pentingnya agar iklan Anda terlihat berbeda dengan yang lain.
Ada banyak kompetisi dalam SEO google.
Iklan berbayar perlu membuat para pengguna agar ingin meng-klik iklan tersebut.
Jadi, Anda perlu menarik perhatian orang.
Cara yang bagus untuk melakukan hal tersebut adalah dengan Google AdWords manual extension.
Ada perbedaan antara campaign yang “bagus” dengan campaign yang “luar biasa”.
DigitalMarketer.id akan menunjukkan kepada Anda ekstensi Google AdWords untuk campaign Anda.
Mari kita mulai!
Google AdWords Manual Extension 1: Sitelinks
Sebuah cara untuk memastikan bahwa iklan Anda terlihat menonjol adalah dengan hanya menambahkan lebih banyak teks dan link.
Itulah yang dilakukan sitelink.
Sitelink bekerja sebagai penanda untuk bisnis Anda.
Ekstensi manual ini memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa bagian terbaik website Anda.
Sehingga, dapat menghubungkan kembali ke halaman internal website milik Anda.
Berikut ini adalah contoh dari salah satu iklan dengan sitelinks:
Iklan yang tidak menggunakan ekstensi ini hanya akan memiliki judul, URL dan teks.
Artinya, sitelinks juga sebagai tambahan karena dapat mendorong pengguna untuk meng-klik halaman “About Us” milik Anda.
Yang menjadi keuntungan di sini adalah sitelinks tidak menggunakan banyak karakter dalam teks iklan Anda.
Tapi, apa yang akan Anda ingin lakukan adalah mengetes sitelink Anda.
Sulit untuk membedakan halaman mana yang bekerja dengan baik, untuk backlink ke dalam ads atau iklan.
Jadi optimasi adalah kunci dengan ekstensi ini.
Berikut ini contoh tes 2 sitelinks.
Seperti yang Anda lihat, sitelink “Get Your Free Estimate” menghasilkan lebih baik daripada sitelink “Roofing Services” berdasarkan biaya per konversi ($ 751,10 vs $64,4) dan tingkat konversi (1,77% vs 28,42%).
Google AdWords Manual Extension 2: Lokasi
Ekstensi manual AdWords ini adalah suatu keharusan bagi bisnis lokal.
Pada dasarnya, ekstensi lokasi menyediakan pengguna dengan …
- Nomor telepon
- Alamat
- Penunjuk Arah (di handphone)
- dan lain sebagainya.
Hal tersebut membuat lebih mudah bagi orang untuk menemukan di mana Anda berada tanpa perlu meng-klik ke website Anda.
Ekstensi lokasi juga dapat terhubung ke halaman Google My Business Anda yang menarik rating dan review.
Hal tersebut juga mencakup informasi dari Google Plus seperti jam operasional.
Jadi, jika Anda memiliki beberapa lokasi, Anda dapat memiliki semuanya di akun Anda.
Google akan melihat mana lokasi terdekat dengan pengguna.
Ketika mereka melihat iklan Anda, mereka akan menunjukkan alamat terdekat tersebut.
Berikut ini contohnya:
Pada contoh di atas ekstensi tersebut menghasilkan 21,94% tingkat konversi.
Google AdWords Manual Extension 3: Call
Konversi nomor satu yang semua bisnis inginkan adalah panggilan telepon. Mengapa?
Karena leads telepon bernilai 5-10 kali dalam pendapatan dari pengumpulan form.
Jadi cara yang bagus untuk mendorong orang agar menelepon bisnis Anda dari iklan AdWords Anda adalah dengan ekstensi call.
Ekstensi call menambahkan nomor telepon bisnis Anda sehingga pengguna dapat langsung menghubungi bisnis Anda dari iklan tersebut.
Sekali lagi, seperti ekstensi lokasi, calon customer tidak harus meng-klik dan mencari untuk menemukan informasi ini.
Ekstensi call sangat cocok untuk pengguna yang mencari melalui ponsel mereka.
Hal ini memungkinkan mereka untuk mengklik tombol “call” pada iklan, yang mendorong mereka untuk langsung menghubungi nomor Anda.
Tombol call terlihat seperti berikut ini:
Bila Anda menggunakan ekstensi call, Google mencatat bahwa hal ini dapat meningkatkan Click Through Rate Anda hingga 8%.
Bahkan contoh di bawah ini menunjukan ekstensi call menghasilkan 19% tingkat konversi.
Google AdWords Manual Extension hanyalah salah satu strategi digital marketing untuk bisnis Anda. Anda bisa lebih mengembangkan potensi dari bisnis yang Anda jalankan, dengan menggunakan berbagai tools digital marketing.
Setelah Anda membaca ebook ini, Anda akan mengetahui berbagai tools yang dapat membantu untuk mencapai potensi maksimal dari bisnis yang Anda jalankan>>> Kembangkan bisnis Anda dengan 73 Tools Digital Marketing
Google AdWords Manual Extension 4: Callouts
Seperti kebanyakan sitelinks, callouts memungkinkan Anda untuk menunjukkan aspek-aspek atau jasa tertentu tentang bisnis Anda.
Callouts dapat menunjukkan kredibilitas, penawaran, dan sebagainya.
Tidak seperti sitelinks, ekstensi ini tidak dapat diklik. Tetapi mereka memungkinkan ruang teks lebih, selain batas 35 karakter untuk iklan itu sendiri.
Sebuah bisnis dapat menunjukan sertifikat, penghargaan, dan hal lain yang membuat mereka lebih menonjol dari iklan kompetitor mereka dengan ekstensi ini.
Anda bisa mengatur apa yang pertama dilihat pengunjung tentang perusahaan Anda.
Pada contoh berikut, ekstensi callout menghasilkan 19,71% tingkat konversi.
Google AdWords Manual Ekstension 5: Aplikasi
Ekstensi aplikasi ini dibuat untuk bisnis yang memiliki fitur melalui app store atau telah menciptakan sebuah aplikasi sendiri.
Jika ini cocok dengan perusahaan Anda, ekstensi aplikasi bisa mempunyai manfaat yang besar.
Karena, memungkinkan Anda untuk menunjukkan aplikasi secara langsung dalam iklan Anda dengan sebuah link.
Ekstensi ini adalah cara yang bagus agar aplikasi Anda untuk terlihat menonjol di antara yang lain.
Berikut adalah cara menambahkan ekstensi aplikasi untuk campaign iklan Anda:
Atur drive traffic ini langsung ke aplikasi sehingga lebih mudah bagi pengguna untuk menemukannya.
Pada dasarnya, ekstensi ini memungkinkan akses cepat ke layanan niche apapun pada di aplikasi Anda.
Ekstensi aplikasi juga meningkatkan pengalaman mobile customer potensial Anda secara keseluruhan.
Mayoritas orang-orang telah menggunakan atau setidaknya mendengar aplikasi populer berikut ini:
- iHeartRadio
- Bump
- Flashlight
- Angry Birds
- Words With Friends
- Dan masih banyak lagi.
Tidak mengherankan bahwa pengguna smartphone menghabiskan 89% waktu mereka dengan aplikasi mobile ketika menggunakan smartphone.
Anda bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut dengan ekstensi ini.
Google Adwords Ekstensi 6: Review
Mengapa review dalam bisnis itu penting? Karena 88% dari konsumen percaya review secara online seperti sebuah rekomendasi pribadi.
Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan review dari pihak ketiga dan memasukkan mereka dalam iklan Anda.
Jika seseorang yang ingin mencari merk Rolex untuk perhiasan lokal, dan mereka melihat opsi 2 iklan ini di hasil pencarian, mereka kemungkinan besar akan memilih perusahaan yang mengatakan “Excellent shopping experience” dari sumber Google yang terpercaya.
Hal tersebut dapat menambah kredibilitas perusahaan Anda secara instan.
Iklan yang menggunakan ekstensi review, pada awalnya akan dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak memasukkan customer review.
Tapi Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ini bisa menjadi sedikit sulit karena banyak peraturan dari Google.
- Harus dari sumber pihak ketiga (third-party source) bukan dari perorangan.
- Tidak bisa menjadi review jika lebih dari 12 bulan yang lalu.
- Review tersebut harus menunjukkan sesuatu yang bermanfaat tentang bisnis (sertifikat, penghargaan, dll).
- Tidak dapat menduplikasi konten dalam iklan dengan konten pada review.
- Review tersebut harus mempunyai link langsung ke third-party source.
- Dan masih banyak lagi.
Setelah Anda menggunakan ekstensi Google AdWords di atas ini, Anda akan mulai melihat perbedaan dalam kinerja iklan Anda di Google.
Itulah 6 Google AdWords Manual Extension yang dapat digunakan dalam campaign iklan Anda. Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman tentang Google Adwords, Anda bisa berbagi dengan DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.
(Note: Ingin mengembangkan potensi bisnis Anda untuk mendapatkan lebih banyak profit? Anda bisa mencapai potensi maksimal dari bisnis yang Anda jalankan, dengan menggunakan tools yang dibahas pada ebook 73 Tools Digital Marketing. Dapatkan ebook gratis 73 Tools Digital Marketing dengan cara>>>> Klik di sini)