Facebook melakukan update terbaru pada Custom Audience dan Conversion Pixel. Namun banyak para marketer yang masih bingung. Pengumuman resmi dari Facebook berisi terlalu teknis bagi beberapa pengguna dan belum ada panduan yang menerangkan dengan jelas bagaimana mengimplementasikan pixel baru ini.
Table of Contents
Kenapa sebuah pixel baru?
Ada dua jenis pixel yang ada di Facebook, masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda.
Audience pixel: digunakan untuk membuat Website Custom Audiences. Hanya ada satu pixel per akun iklan
Conversion pixel: Pixel ini mempunyai dua fungsi yaitu mengoptimalkan advertising campaigns dan melacak konversi.
Namun demikian, sepanjang Facebook terus meningkatkan platform iklannya dengan fitur baru, ada kebutuhan untuk pixel yang lebih kuat.
Salah satu fitur tersebut adalah Dynamic Products Ads, yang memungkinkan untuk menarget kembali (retargeting) pengguna yang telah mengunjungi produk atau kategori tertentu dari website Anda.
Jika Anda hanya memiliki beberapa produk atau halaman, retargeting bisa dengan mudah dilakukan dengan menggunakan Website Custom Audience; tetapi dengan jangkauan produk yang meningkat prosesnya menjadi lebih kompleks. Di situlah Dynamic Product Ads menjadi benar-benar berguna.
Selanjutnya, kebanyakan bisnis dengan jangkauan produk yang besar memerlukan laporan informasi yang komprehensif, tidak hanya tentang pendapatan yang dihasilkan, tetapi juga produk yang dijual, jumlah item yang terjual per transaksi, perilaku pengguna, dan lain-lain.
Banyak konversi pixel yang berbeda di halaman checkout Anda, bukanlah suatu pilihan yang layak. Semua kode tersebut bisa memperlambat website Anda (yang mempengaruhi SEO Anda); dan banyak pixel bisa bertentangan satu sama lain.
Pixel Facebook yang telah di-upgrade telah diterapkan untuk memecahkan semua masalah tersebut sambil menyediakan proses pelaporan lebih efektif.
Apa saja fitur utama dari pixel Facebook yang telah di-upgrade?
Pixel yang baru ini meliputi beberapa perbaikan yang menarik dan fitur baru. Beberapa yang signifikan adalah:
- Pixel disatukan: Tidak perlu menggunakan pixel yang berbeda untuk melacak audiens dan konversi.
- Loading 3 kali lebih cepat: ini meningkatkan SEO website Anda dan mengurangi risiko rusak.
- Pixel dapat dibagi: Sangat berguna ketika bekerja dengan instansi atau berkolaborasi dengan bisnis lain.
- Pelacakan event ganda: pixel baru memungkinkan pelacakan hingga 9 standard events yang berbeda, masing-masing dengan satu set parameter.
Mari gali lebih dalam masing-masing fitur tersebut.
Satu pixel untuk melacak semuanya
Sampai sekarang ada 2 tipe Facebook pixel dengan dua fungsi yang berbeda yaitu Audience Pixel dan Conversion Pixel. Hal yang normal untuk sebuah website untuk memasukkan beberapa pixel dalam halaman yang berbeda dan terkadang diantara halaman yang sama. Praktek ini bisa membawa beberapa masalah.
Anda bisa Menggunakan Facebook Pixel Helper untuk mengetes pixel yang terinstalasi pada sebuah halaman, hal ini merupakan cara yang cukup mudah untuk melihat bagaimana beberapa pixel prosesnya lama dan bisa membuat error seperti pada gambar di bawah ini.
Sekarang Facebook telah menyederhanakan hal tersebut dengan mengembangkan sebuah single (dan lebih kuat) pixel.
Tergantung pada fungsi yang diperlukan, kode yang terkait bisa lebih atau kurang kompleks dan mencakup extra lines. Namun, basis kode tersebut unik dan umum untuk semua halaman dalam website.
Jadi, Anda akan perlu menyertakan pixel baru di semua halaman website Anda, dan kemudian menyesuaikan kode hanya pada orang-orang di mana Anda akan ingin melacak konversi.
Lebih cepat lebih baik
Pixel baru menyediakan waktu loading lebih cepat, yang merupakan suatu keuntungan, terutama untuk website yang kompleks dan memerlukan pelacakan beberapa konversi.
Menurut Facebook:
Semua pixel Facebook sekarang 3X lebih cepat. Kami sudah menulis ulang sebagian besar kode respon server kami dan menggunakan minification javascript sehingga waktu loading pixel dapat bertemu bahkan dengan SLA pelanggan yang paling ketat.
Mengapa hal ini penting?
Sebuah pixel sebenarnya adalah gambar berukuran 1 x 1px yang dimuat oleh browser ketika user mengakses sebuah halaman.
Mempunyai beberapa pixel adalah memuat beberapa gambar sehingga hal tersebut meningkatkan waktu loading. Namun, ini bukan masalah yang utama.
Setelah pixel dimuat, kode terkait memberitahu server Facebook; semakin banyak pixel, semakin banyak informasi yang perlu dikirim. Beberapa pixel mencoba untuk berkomunikasi dengan Facebook secara bersamaan, dan hal ini bisa menghasilkan konflik.
Dengan pixel baru, Anda tidak hanya perlu memuat satu pixel, tetapi semua informasi yang terkait dikirim hanya sekali ke Facebook. Dengan demikian, praktek tersebut dapat meningkatkan kecepatan komunikasi dan mengurangi risiko kesalahan.
Bayangkan memiliki 50 mobil yang membawa 50 orang (satu per kendaraan) dari satu tempat ke tempat lain atau memindahkan jumlah orang yang sama dalam satu bus. Jumlah orang yang sama, tapi traffic -nya lebih sedikit .
Sharing
Kadang-kadang bisnis mungkin ingin berbagi pixel dengan perusahaan lain. Hal ini sangat normal ketika bekerja dengan instansi atau sebagai bagian dari kerjasama bisnis antara perusahaan yang berbeda.
Sebagai contoh, sebuah blog me-review beberapa produk yang mungkin dicapai oleh perusahaan yang memproduksi, sehingga mereka bisa retarget pengguna yang membaca artikel yang berhubungan dengan brand mereka.
Proses ini juga telah disederhanakan, dan pixel dapat dibagi dengan akun Facebook Ads atau Agencies yang lain.
Sharing sebuah pixel tersedia hanya melalui Bussines Manager. Untuk share pixel Anda, cukup ikuti langkah-langkah ini.
- Pergilah ke Business Manager, dan dari menu Settings pilih ‘Pixel’ pada kolom sebelah kiri
- Pilih pixel dan kemudian klik ‘Assign Account’ atau ‘Assign Agency’, tergantung pada kebutuhan spesifik Anda.
Ingat bahwa ketika Anda share pixel Anda, pihak lain akan dapat melihat kode Anda, termasuk ID pixel Anda.
Anda dapat berhenti sharing pixel setiap saat dengan mengklik X di sebelah nama Ad Account atau Agency yang ingin Anda cabut aksesnya ke pixel Anda.
Event dan Parameter
Konversi pixel yang lama memungkinkan untuk melacak 5 jenis tindakan pengguna antara lain:
- Checkouts
- Registrasi
- Leads
- Key Page Views
- Adds to cart
Tindakan tersebut cukup untuk beberapa bisnis, tetapi website yang cukup kompleks memerlukan informasi yang lebih banyak. Dan juga, satu-satunya data yang dilacak (terlepas dari jumlah konversi) adalah nilai konversi dan currency.
Sekarang, pixel baru memungkinkan pelacakan 9 tindakan pengguna (atau standard events). Masing-masing standard events tersebut dapat menggabungkan serangkaian parameter yang bisa memberikan data tambahan.
Daftar parameternya antara lain (tidak semua parameter tersedia untuk semua event):
- Value
- Currency
- Nama Konten: untuk nama halaman atau produk
- Kategori konten (untuk kategori produk)
- Id konten (seperti SKU)
- Tipe konten (produk download, produk fisik, dll)
- Jumlah Item
- Search String (jika pengguna mencari istilah tertentu di situs)
- Status (Untuk mengkonfirmasi jika pendaftaran telah selesai atau belum)
Seperti yang Anda lihat, struktur ini memungkinkan untuk pelacakan konversi yang lebih efektif. Misalnya, sekarang Anda dapat memahami nilai sebenarnya dari cart yang terabaikan di sebuah situs ecommerce dan mendesain ulang strategi retargeting Anda dengan tujuan spesifik ROI.
Bagaimana mengimplementasikan upgrade Custom Audience Pixel Facebook?
Ada tiga proses ketika berpindah ke pixel yang di-upgrade:
- Mengimplementasi pixel yang baru
- Menyesuaikan pixel baru untuk melacak konversi
- Menghapus pixel Facebook lama
1) Mengimplementasi pixel yang baru
Langkah pertama sangat sederhana; semua yang dibutuhkan adalah menempatkan kode berikut ke setiap halaman website Anda, sebelum penutup </ head> tag.
Inilah yang disebut Base Code.
Jangan lupa untuk mengganti <FB_PIXEL_ID> dengan ID pixel Anda sendiri , yang terkait dengan akun Anda, BUKAN yang digunakan untuk melacak konversi.
Anda dapat menemukan ID pixel Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pergi ke dashboard Ads Manager Anda, dan pada kolom sebelah kiri pilih ‘Audiences‘
- Klik pada nama Website Custom Audience yang telah ada (atau buat yang baru dahulu, jika Anda tidak belum punya)
- Facebook akan membuka jendela baru. Di sisi kanan Anda akan memiliki kotak informasi yang menunjukkan ID pixel Anda, seperti yang Anda lihat pada gambar berikut.
2) Menyesuaikan kode untuk melacak konversi
Sejauh ini kode pixel diperlukan untuk menciptakan audiens.
Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, pelacakan konversi membutuhkan penambahan beberapa kode tambahan sebagai bagian dari basis kode (base code), tetapi hanya pada halaman dimana konversi akan terjadi (ingat bahwa base code perlu diterapkan di semua halaman website Anda).
Dua hal yang sangat penting untuk diingat adalah:
- Base code perlu dimuat sebelum kode pelacakan konversi.
- Pelacakan konversi adalah bagian skrip yang sama, berisi base code, dan harus dimasukan sebelum penutup </script> tag.
Mempertimbangkan kedua aturan tersebut, kode untuk pixel yang telah di upgrade harus memiliki struktur berikut (berikut ini hanya sebuah contoh) .
Struktur kode konversi bisa bervariasi tergantung pada event yang sedang dilacak, tetapi akan terlihat mirip dengan yang berikut ini.
fbq(‘track’, ‘EVENT NAME’, {
PARAMETER_1:‘PARAMETER_VALUE’,
PARAMETER_2: ‘PARAMETER_VALUE’,
PARAMETER_3:PARAMETER_VALUE,
PARAMETER_4: ‘PARAMETER_VALUE’ });
Sebagai contoh, misalkan Anda ingin melacak leads pada halaman di mana pengguna meminta brosur untuk Volkswagen Golf baru dengan nilai pasar sebesar 40.000 USD. Kemudian Anda bisa menempatkan kode berikut pada halaman yang ditampilkan setelah pengguna mengirimkan data mereka.
fbq(‘track’, ‘Lead’, {
content_name: ‘Volkswagen Golf’,
content_category: ‘Brochure’,
value: 40000.00,
currency: ‘USD’ });
Ingat kebanyakan parameter adalah opsional dan Anda cukup membiarkannya saja. Dalam hal ini kode yang sebelumnya akan terlihat seperti ini:
fbq(‘track’, ‘Lead’, {
});
Anda juga dapat melacak beberapa konversi di halaman yang sama. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan sebuah kode tambahan, selalu sebelum penutup </ script> tag.
3) Menghapus pixel lama
Setelah Anda memasukkan pixel baru di website Anda, termasuk kode untuk melacak konversi di halaman tertentu, Anda siap untuk menghapus semua pixel sebelumnya.
Haruskah Anda Melakukannya?
Ada sesuatu yang penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum upgrade ke pixel baru: Facebook masih dalam proses meluncurkan fitur baru ini, dan akun Anda mungkin belum siap untuk membaca informasi yang diterima dari pixel baru.
Menurut Facebook:
Melalui Custom Audience Pixel Stats API yang baru dan dalam Power Editor dan Ads Manager, kita secara bertahap meluncurkan tampilan pixel baru dan pemecahan masalah dashboard yang memungkinkan marketer untuk mendapatkan gambaran dari traffic pixel di website mereka.
Ini berarti mungkin ada kasus di mana Power Editor atau Ads Manager tidak melaporkan standard events untuk pixel baru. Dalam kasus ini meng-upgrade ke pixel baru akan menunjukkan zero konversi untuk campaign Anda.
Untuk mengkonfirmasi jika akun Anda sudah siap untuk bekerja dan melaporkan pixel baru, lakukan hal berikut:
- Pergi ke Ads Manager atau Power Editor dan buat campaign ‘Website Conversion‘.
- Bila diminta, klik pada field berlabel ‘Choose a Conversion.‘
- Jika akun Anda sudah siap, Facebook akan menampilkan 9 standar events baru, bersama dengan konversi pixel Anda yang telah dibuat sebelumnya.
Jika Anda tidak dapat melihat 9 standard events ini, maka akun Anda belum siap. Jika hal ini terjadi, jangan khawatir. Konversi dan Custom Audience Pixel yang ada akan terus bekerja dan Anda dapat tetap menggunakannya sampai Facebook memindahkan akun Anda ke pixel baru.
Giliran Anda
Versi baru dari pixel Facebook ini menawarkan fitur besar yang memungkinkan untuk report yang lebih baik. Namun, ingat bahwa jika Anda tidak yakin dengan bagaimana menggunakannya atau jika akun Anda belum siap, Anda masih dapat menggunakan pixel yang ada untuk melacak konversi.
Apakah Anda akan meng-upgrade Facebook ke pixel baru? DigitalMarketer.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pendapat Anda pada kolom di bawah ini.
*Sumber: How to Use Facebook’s Upgraded Website Custom Audience Pixel oleh Antonio Calero