Menggunakan email memang menjadi salah satu strategi untuk bisnis online Anda.
Untuk menjalakan strategi yang biasa disebut dengan email marketing ini, Anda memerlukan tool email AutoResponder.
Ada banyak tool atau platform email AutoResponder.
Namun untuk memilih salah satunya, Anda pasti perlu banyak pertimbangan. Dari kelebihan masing-masing tool hingga biaya atau cost untuk menggunakannya.
Ada 4 tool yang biasanya digunakan untuk email autoresponder. Tool tersebut adalah MailChimp, GetResponse, ActiveCampaign dan Infusionsoft. Selanjutnya:
- Mana yang harus Anda pilih? Mana yang terbaik?
- Apakah memilih MailChimp atau Infusionsoft?
Ada sebuah perspektif yang dibuat untuk menggambarkan hal ini.
Table of Contents
Jika Anda ingin pergi ke pasar, manakah yang bisa Anda pilih, naik sepeda atau naik mobil ferrari?
Anda bisa melihat kedua kendaraan tersebut akan membuat Anda sampai ke pasar dan kembali rumah.
Dua kendaraan tersebut dapat ‘melakukan pekerjaannya’ tetapi keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
Untuk tujuan membantu Anda memilih paltform yang terbaik untuk bisnis Anda, DigitalMarketer.id akan membahas tentang 4 tool tersebut.
Mengapa 4 tool? karena DigitalMarketer.id telah menggunakan semua tool tersebut.
Mereka semua melakukan pekerjaan dengan baik dan jika mereka adalah yang terbaik dan cocok untuk Anda, kami tidak ragu-ragu untuk merekomendasikan platfrom tersebut.
Kami mengibaratkan tool tersebut dengan berbagai kendaraan.
Sepeda adalah Mailchimp, sepeda motor adalah GetResponse, mobil adalah ActiveCampaign, dan mobil Ferrari adalah Infusionsoft.
Sebuah sepeda, sepeda motor, mobil dan mobil Ferrari pergi ke pasar, mana yang terbaik?
Sepeda = MailChimp
Biaya untuk menggunakan mailchimp tergolong murah. Tidak ada bel dan lampu.
Membuat Anda berpindah dari A ke B. MailChimp akan mengirim email Anda.
Mailchimp akan mengirimkan newsletter Anda, penjawab otomatis (autoresponder) dan sekarang Mailchimp juga mulai melakukan beberapa hal segmentasi dasar.
Pada akhirnya, Anda mendapatkan MailChimp karena Anda membutuhkan sesuatu yang ‘melakukan pekerjaan’ tanpa menguras uang Anda di bank dan dengan sistem yang tidak terlalu rumit.
Hal ini mungkin bukan cara yang paling efisien untuk menggunakan “energy Anda secara bijaksana”. Mirip dengan Anda bersepeda ke pasar, Anda harus mengayuhnya dengan menguras energi yang lumayan banyak.
Ada 2 hal yang perlu diperhatikan tentang Mailchimp:
- Memiliki orang di beberapa list. jika Anda tidak melakukannya dengan benar seseorang di beberapa list akan mendapatkan email lebih dari sekali dan 1 orang di 2 list akan dihitung sebagai 2 orang ketika mereka menambahkan hingga berapa banyak orang yang Anda miliki.
- Sulit untuk memastikan orang pada list Anda yang tidak mendapatkan email perkenalan setiap kali mereka mendaftar.
MailChimp tidak melihat orang-orang sebagi kontak, Mailchimp melihat mereka sebagai email di dalam sebuah ember.
Namun platform ini sangat bagus untuk Anda yang baru dalam email marketing >>> Klik di sini untuk mengunjungi website MailChimp
Sepeda Motor = GetResponse
Baiklah, kita sekarang ada satu tingkat di atas.
Kami akan melakukan semua energi fisik yang diperlukan untuk membuatnya melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar pergi dari titik A ke B.
Sebuah sepeda motor akan membuat Anda menuju ke pasar lebih cepat, lebih efisien dan sekarang Anda bahkan dapat membawa belanjaan lebih banyak ke rumah.
Sepeda motor juga gesit, cukup mudah mencari tempat parkir dan lincah melintasi kemacetan.
GetResponse ini akan melakukan segalanya yang mailchimp bisa kerjakan tetapi memiliki beberapa fitur tambahan yang bagus seperti pembuat landing page dan opsi untuk membuat survei.
Terlebih lagi ia memiliki autoresponder builder yang benar-benar intuitif sehingga Anda dapat melihat urutan Anda.
Dan hal itu dapat memicu autoresponder berdasarkan tindakan seperti mengklik link dalam email atau tujuan yang dicapai (seperti pembelian produk di paypal).
Hal ini menambah dimensi ekstra yang dapat dicapai dengan otomatisasi .
Mereka juga memiliki ‘List Building Program’ yang merupakan program gratis untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dari usaha membangun daftar email (building list). Customer service mereka juga cukup membantu.
Seperti yang dikatakan sebelumnya, itu akan membuat Anda ke sana lebih cepat dan lebih mudah dengan ‘bel’ dan ‘lampu’ yang mungkin berguna dalam bisnis Anda.
Anda bisa mempelajari GetResponse melalui Artikel berikut >>>Panduan Lengkap Membuat AutoResponder Menggunakan GetResponse (Tutorial)
GetResponse Menawarkan banyak kemudahan dalam membuat AutoResponder dengan berbagai pilihan template menarik dan Anda dapat dengan mudah melakukan Survey Customer untuk meningkatkan konversi >>> Klik di sini untuk mengunjungi website GetResponse
Mobil = Active Campaign
Perbedaan antara sepeda motor dan mobil cukup besar.
Sekarang kita berbicara beberapa fitur tambahan yang “BESAR” dan kemampuan baru menjadi satu.
Digital marketer.id sangat menyukai platform Active Campaign ini.
Active Campaign menghabiskan biaya yang sama efektifnya dengan MailChimp dan GetResponse, jika Anda hanya menggunakan komponen email marketing.
Namun jika Anda membayar ekstra, Anda juga mendapatkan akses ke fitur CRM mereka.
Jika Anda hanya menggunakan fitur email marketing Anda akan mendapatkan akses ke drag and drop email creator yang sangat bagus.
Mirip dengan 2 platform sebelumnya yang juga mobile friendly.
Salah satu fitur yang banyak disukai tentang email builder adalah memungkinkan Anda memberi tag kepada email customer yang memiliki kebiasaan tertentu sehingga dapat membuat segmentasi berdasarkan bisnis Anda pada email list yang dimiliki.
Newsletter Anda yang berisi promo produk di bagian bawah dapat dikirimkan ke list, tetapi Anda juga dapat tidak menampilkan promo tersebut bagi yang sudah memiliki email yang berisi promo.
Anda juga dapat me email berdasarkan pada seseorang forwarding email, membalas email, mengunjungi website tertentu setelah membaca email, mengklik link di email dan banyak lagi.
Anda juga bisa melakukan split tes untuk mencari tahu apa yang membuat orang meng-klik atau membaca email Anda.
Untuk bagian automation, sekarang visual editor membuat Anda lebih mudah untuk mengatur segmentasi dan sales funnel.
Dengan melacak kunjungan website, Anda bisa mengirim email yang ditarget untuk customer potensial, jika mereka telah mengunjungi halaman tertentu di website Anda.
Jika ada seseorang yang terlibat dengan email Anda dalam 90 hari, secara otomatis dapat menempatkan mereka di urutan baru untuk mencoba dan kembali melibatkan mereka. List email yang Anda miliki akan meningkat.
Anda akan dapat melihat lokasi mereka dan memberi tahu siapa orang yang paling terlibat atau aktif pada list Anda.
Jika Anda membeli komponen CRM Anda juga dapat melacak penjualan melalui siklus penjualan.
Jika Anda memiliki sebuah bisnis di mana Anda sering harus mem-follow up prospek dan mengajukan proposal, semua ini dapat dilacak dalam komponen CRM.
CRM juga akan mengingatkan Anda melalui email jika hal-hal tertentu tidak dilakukan sesuai dengan deadline. Hal ini juga dapat mengingatkan prospek Anda.
Anda juga dapat melihat data sosial dan data berdasarkan perilaku (behavioural data).
Sehingga, Anda dapat mulai untuk mencocokkan prospek dengan apa yang mereka lakukan di beberapa media sosial, dan bahkan halaman apa yang mereka kunjungi di website Anda. Hal tersebut memberikan Anda informasi yang lebih baik dari perilaku mereka dan apa yang mereka cari.
Active Campign juga memiliki parnertship dengan zapier.
Dalam artian, semua pengguna (bahkan yang basic) mendapatkan akun zapier gratis sehingga lebih mudah untuk mengintegrasikan dengan semua tool Anda yang lain seperti paypal, Xero, woocommerce, dan masih banyak lagi.
Akhirnya sementara Kampanye aktif yang masih bekerja di luar daftar orang juga mendapatkan tag – sehingga mereka dapat lebih dari satu kampanye pada satu waktu dan dipindahkan kampanye secara otomatis berdasarkan tag mereka.
Untuk menyetir sebuah mobil Anda perlu belajar, jadi saya tidak selalu merekomendasikan untuk orang-orang baru dalam email marketing tetapi seperti yang Anda lihat, belajar dan ilmu adalah investasi yang berharga.
Klik di sini untuk mengunjungi website Active Campaign
Ingin mempelajari Active Campaign untuk email marketing Anda? Melalui DigitalMarketer.id Labs Anda akan dibimbing dalam mempelajari Active Campaign. Dengan execution plan “Bangun Sistem AutoResponder dengan ActiveCampaign” dibuat khusus bagi Anda yang serius ingin mempelajari strategi email marketing, yang dapat mengembangkan bisnis Anda >>> Dapatkan Tutorial Membangun Sistem AutoResponder dengan ActiveCampaign
Mobil Ferrari = Infusionsoft
Sama seperti mobil sport mewah, ketika Anda memilikinya, Anda tahu bahwa Anda telah berhasil.
Namun, banyak orang membelinya terlalu dini dan kemudian mereka hanya menggunakan 1% dari kemampuan maksimalnya. Tentu saja mereka membuang uang mereka dengan sia-sia.
Seperti mobil mahal, sebelum membelinya, Anda harus berpikir mengapa Anda membutuhkannya.
Seperti yang dikatakan sebelumnya banyak orang menggunakan Infusionsoft terlalu dini.
Ada 2 pemikiran. Secepatnya untuk mendapatkan infusionsoft, memasangnya dari awal dan kemudian semuanya akan berlangsung lancar dan baik. Masalah adalah mereka tidak pernah menggunakan atau mengagaturnya dengan baik.
Pemikiran yang lain adalah mulai dengan sesuatu yang lebih kecil dan kemudian bergerak. Ini memang tidak sempurna, maka Anda harus mengimpor semua kontak Anda dan semua data mereka menjadi hal yang mungkin akan merepotkan.
Tidak ada jawaban tepat terkait dengan 2 pemikiran tersebut, tetapi ketika Anda membandingkan 10$ – 50$ per bulan dengan sekitar 300$ per bulan dari Infusionsoft, Anda harus berkomitmen.
Semua biaya tergantung pada jumlah orang yang Anda miliki di list email Anda.
Memang menggunakan Infusionsoft adalah hal yang cukup sulit. Tetapi jika Anda serius dan tidak putus asa untuk mempelajarinya, pasti hal tersebut akan membuahkan hasil.
Jika Anda mengatur Infusionsoft dengan benar, Anda dapat memaksimalkan kekuatan pemasaran dan komponen CRM untuk membuat segmentasi dan automation yang Anda bisa, sama seperti di Active campaign.
Jadi, mengapa menggunakan Infusionsoft daripada Active Campaign?
Nah, Infusionsoft juga memiliki order form, dapat memproses pembayaran (Anda masih akan memerlukan merchant account, paypal atau yang serupa) dan memiliki market place yang luas dari aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan automation dan fitur-fturnya.
Anda bisa melihatnya di sini: http://marketplace.infusionsoft.com/
Tool ini seperti sistem kalender booking, waktu dapat ditempatkan dalam email jadi Anda dapat mengirim mereka reminder.
Tool ini juga memiliki membership plugin yang akan otomatis mendaftarkan orang tanpa pages dan proses yang tidak perlu, sehingga mereka semua mendapatkan sebuah password.
Sekarang Active Campaign masih bekerja sama dengan Zapier.
Zapier melengkapi apa yang tidak bisa dilakukan oleh Active Campaign, jadi seperti dua benda yang ditempel bersama.
Sedangkan dengan Infusionsoft, itu seperti membangun lego.
Beberapa orang menyukai Active Campaign yang sangat baik dalam hal automation dan yang lain lebih suka luasnya fitur yang ditawarkan oleh Infusionsoft.
Seperti sebuah brand atau merk, apakah itu Infusionsoft ataupun sebuah sportscar, seiring waktu mereka bisa terus menjual produknya karena reputasi dan gengsi merk tersebut.
Namun jika mereka tidak berinovasi, mereka mungkin tidak selalu berada di peringkat atas.
Sekarang digitalmarketer.id menggunakan Infusionsoft. Namun jika Anda masih pemula dalam hal email marketing, Anda bisa menggunakan mailchimp atau GetResponse.
Jika Anda ingin membuat strategi email marketing Anda tertarget dan belajar serius dalam email marketing juga serius untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mulai bergerak untuk menggunakan Active Campaign atau Infusionsoft.
Semoga ulasan ini sangat berguna bagi Anda! Seperti biasa, DigitalMarketer.id sangat senang jika Anda berbagi pengalaman atau pertanyaan tentang digital marketing khususnya tentang tool email marketing pada kolom komentar di bawah ini.
(Note: Ingin tahu lebih banyak tools yang dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda? Setelah membaca ebook 73 Tools Digital Marketing, Anda akan mengetahui tools apa saja yang dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda. Anda bisa menggunakan beberapa tools tersebut untuk meningkatkan profit perusahaan Anda. Dapatkan ebook 73 Tools Digital Marketing dengan cara>>> Klik di sini)