Toko Online

Bagaimana Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Bisnisku ?

Anda pasti ingin bisnis Anda sukses bukan? Apakah Anda mengetahui cara mendaftarkan bisnis Anda di Google? Jika Anda menargetkan pasar lokal Anda dan fokus untuk mengoptimalkan daftar lokal Anda di Google, maka Google Bisnisku akan menjadi prioritas. Ini adalah alat gratis dan praktis yang bahkan dapat Anda kelola dari ponsel Anda.

Melirik Melalui Google Bisnisku (GMB)

Saat ini, setelah pembaruan algoritme penelusuran, Google bertujuan untuk memahami maksud dan konten penelusuran pengguna untuk memberikan hasil terbaik. Oleh karena itu, situs web yang menawarkan solusi yang lebih baik bagi pelanggan mereka mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google. Dengan kata lain, Google mencoba untuk mengeksplorasi maksud pengguna. Ketika pengguna mulai mencari bisnis lokal atau layanan, Google menggunakan lokasi geografis mereka untuk merekomendasikan bisnis terdekat.

Dampak saran “terdekat” sangat mengesankan. Orang-orang menelusuri Google dengan mengetik frasa “terdekat” atau serupa untuk mendapatkan saran ketika mereka mencari bisnis atau layanan di area lokal mereka.

 

Mengingat bahwa bisnis Anda dioptimalkan untuk SEO lokal, itu akan lebih mungkin ditemukan oleh orang-orang yang mencoba mencari bisnis di wilayah geografis mereka.

Mengapa ini penting?

Google Bisnisku akan membantu Anda untuk terdaftar di penelusuran Google dengan maksud geografis yang sering dilakukan oleh prospek dan pelanggan Anda saat ini. Selain itu, Anda dapat menghasilkan traffic organik ke situs web Anda dan mempermudah orang menemukan lokasi Anda di Google Maps. Selain itu, ini adalah alat yang berguna yang dapat Anda kelola dari perangkat seluler Anda dan meluncurkan penawaran terbaru Anda atau menindak lanjuti pos dan komentar pelanggan. Singkatnya, Anda akan mengelola semua aktivitas Google bisnis Anda di satu tempat.

 

Berdasarkan hal ini, kita dapat mengatakan bahwa mungkin melibatkan pelanggan Anda, kapan saja, di mana saja. Ini adalah layanan yang sangat berguna karena gratis, mudah diatur, dan dapat diakses dari mana saja.

Tutorial Google Bisnisku

Untuk memastikan bahwa kita semua berada di halaman yang sama, mari kita mulai terlebih dahulu.

Untuk SEO lokal, aspek utamanya adalah profil Google Bisnisku (GMB) berkualitas tinggi. Optimalisasi profil GMB dianggap sebagai bagian utama dari SEO lokal. Sederhananya, GMB adalah layanan Google gratis yang membuat nama bisnis Anda, alamat dan informasi kontak dapat dicari secara online dan melalui peta Google. Berkat GMB, Anda dapat menemukan bisnis di Google sebagai hasil pencarian lokal. Hasil Lokal ditampilkan kepada pengguna berbeda tergantung pada perangkat yang digunakan.

Hasil Pencarian Lokal di Pratinjau Seluler

Hasil Pencarian Lokal di Pratinjau Komputer

Jenis Hasil Pencarian:

Penting untuk membedakan antara berbagai jenis hasil pencarian yang biasanya ditampilkan Google setelah pencarian apa pun. Mari kita lihat sekilas tiga hal berikut ini:

  1. Hasil pencarian berbayar: Iklan berbayar – pemilik situs web membayar uang untuk menampilkan iklan mereka setelah mencari kata kunci tertentu.

  1. Hasil pencarian lokal: Hasil yang memiliki komponen geografis – dan apa isi dari posting blog ini! Bisnis yang menggunakan Google Bisnisku akan muncul di sini untuk kata kunci dengan komponen geografis.
  2. Hasil pencarian organik: Ini muncul di bawah hasil lokal (jika ada). Google mencantumkan semua hasil yang dianggap relevan dengan permintaan atau kata kunci pencarian. Penting untuk dicatat bahwa hasil organik tidak memiliki koneksi geografis.

Tentu saja ada banyak cara lain di mana Google dapat menampilkan hasil pencarian, seperti cuplikan fitur atau kotak jawaban. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang semua elemen yang berbeda dari SERPs Google (halaman hasil mesin pencari), lihat artikel Yoast ini tentang elemen SERP yang berbeda.

Jadi, untuk menyimpulkan, jika Google berpikir bahwa area geografis penting atau terhubung ke permintaan Anda, ini akan menampilkan daftar lokal terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika Anda menelusuri “makan pizza” atau “pizza terdekat”, Google berpikir bahwa Anda ingin makan pizza dan akan menampilkan hasil lokal untuk restoran pizza di dekat Anda. Di sisi lain, jika Anda menelusuri “resep pizza”, Google memahami bahwa itu tidak ada hubungannya dengan lokasi Anda saat Anda ingin menyiapkan pizza. Dalam hal ini, Google tidak akan menampilkan hasil lokal tetapi elemen SERP lainnya.

Apa yang Anda perlukan untuk menyiapkan atau mengoptimalkan akun GMB Anda?

  • Akun Google
  • Deskripsi singkat tentang bisnis Anda
  • Detail kontak bisnis Anda
  • Informasi terperinci tentang bisnis Anda
  • Foto bisnis Anda
  • URL ke profil media sosial yang relevan
  • 5-10 kata kunci untuk mengoptimalkan bisnis Anda
  • Opsional: Akun email terpisah yang akan digunakan untuk situs kutipan

Langkah-langkah untuk Membuat Akun GMB Baru

Jika Anda sudah menyiapkan akun GMB Anda, lewati bagian ini. Langsung buka untuk memperbarui bagian akun GMB Anda dengan mengklik di sini.

  1. Buka halaman web Google Bisnisku dan klik “mulai sekarang”.

  2. Tulis nama bisnis Anda dan kemudian klik “Next”.

  3. Tambahkan alamat bisnis Anda dan kemudian klik “Next”, jika Anda mengirim barang atau jasa ke pelanggan Anda, centang kotak terkait.

  4. Setelah menambahkan data lokasi bisnis Anda, Google akan menyarankan beberapa nama bisnis. Jika Anda dapat menemukan bisnis Anda di antara daftar pilih itu, jika tidak pilih “tidak satupun dari mereka” pilihan dan klik “Next”.

  5. Di sini Anda akan menentukan lokasi Anda di peta. Cukup tarik penanda dan posisikan di lokasi bisnis Anda dan klik “Berikutnya”.

  6. Pilih kategori bisnis Anda dan kemudian klik “Next”.

  7. Tambahkan nomor telepon bisnis Anda, situs web dan klik “Berikutnya”.

  8. Klik lanjutkan untuk melanjutkan.

  9. Untuk menjalankan akun GMB Anda, Anda harus memverifikasinya. Anda dapat memilih opsi 1 untuk memverifikasinya melalui surat dan Anda harus menambahkan orang yang dapat dihubungi. Atau Anda dapat memilih untuk memverifikasi akun Anda nanti.

  10. GMB menawarkan tata letak situs web yang sederhana untuk pelanggannya. Jika Anda tertarik dengan itu, Anda dapat menekan “Situs Pratinjau”, jika tidak pilih “Tidak, terima kasih”.

  11. Ini adalah preview akun GMB (belum diverifikasi). Di halaman”Home” akan memberi Anda ikhtisar tentang akun dan aktivitas GMB Anda, bersama dengan tautan untuk mendapatkan aplikasi seluler.

  12. Di menu “Info”, Anda dapat menambahkan atau mengedit informasi bisnis Anda (alamat, nomor telepon, jam kerja … dll). Edit semua informasi yang hilang atau perlu diperbarui.

  13. Buka menu “Foto” untuk menambahkan foto bisnis Anda. Foto memiliki bagian berbeda: Anda dapat menambahkan foto interior, eksterior, di tempat kerja, dan tim. Juga, Anda dapat menentukan logo bisnis, profil, dan foto sampul Anda. Ada opsi untuk menyertakan video di bagian yang sama. Mempertimbangkan bahwa foto-foto harus diberi geotag. Kita akan berbicara tentang foto geotagging nanti di posting ini, klik di sini untuk melompat langsung ke bagian itu. Selanjutnya, disarankan untuk menambahkan kata kunci ke foto Anda. Untuk melompat ke depan ke bagian itu, klik di sini.

  14. Setelah verifikasi akun GMB Anda, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan jam buka tidak teratur untuk bisnis Anda, yang terutama akan berupa hari libur atau jam buka yang berbeda karena acara-acara khusus.

  15. Di menu “Pengguna” Anda dapat menambahkan manajer lain untuk akun GMB Anda. Untuk menambahkan pengguna baru, klik pada tab “Pengguna” dan kemudian pilih Undang Pengguna Baru di sudut kanan atas.

Jendela baru akan terbuka dan Anda dapat menambahkan pengguna melalui email. Juga, Anda dapat menetapkan peran yang diinginkan sebagai pengelola atau admin untuk akun GMB Anda, lalu klik “Undang”.

Langkah-langkah untuk Memperbarui Akun GMB

Anda memiliki kesempatan untuk memperbarui foto, video, dan informasi bisnis di akun GMB Anda (tinjaulah langkah sebelumnya untuk perincian, dari langkah 13 hingga 15).

  1. Di halaman home Anda, Anda selalu dapat memeriksa ulasan dan wawasan bisnis Anda. Di bagian ulasan, Anda dapat membaca komentar pelanggan dan masukan mereka tentang pengalaman mereka dengan perusahaan Anda. Di bagian wawasan, Anda dapat membaca bagaimana pelanggan berinteraksi dengan akun GMB Anda. Anda dapat memeriksa bagaimana pelanggan menelusuri bisnis Anda, tempat pelanggan melihat bisnis Anda di Google, dan tampilan foto.
  2. Di bagian pos, Anda dapat mengunggah entri baru dengan foto yang dapat berupa berita, penawaran, dan acara. Selain itu, Anda dapat membagikannya melalui berbagai saluran media sosial Anda.

  3. Jika Anda mengelola lebih dari satu akun GMB, Anda dapat mengakses informasi ini dari tab “Kelola Lokasi” di halaman home Anda.

Bagaimana cara Geotag Foto?

Geotagging menghubungkan tempat ke foto melalui perangkat lunak.

Dalam SEO lokal, gambar geotagging sangat disarankan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari untuk situs web dan bisnis spesifik lokasi. Ini tidak berarti bahwa situs web akan kalah tetapi lebih mungkin untuk dilihat.

GeoImgr adalah alat web sederhana untuk menambahkan geotag ke foto dan gambar secara online.

Tip: GeoImgr hanya menerima format jpg, jadi pastikan untuk mengonversi gambar Anda sebelum menggunakannya dengan GeoImgr.

  1. Kunjungi: “https://www.geoimgr.com“.
  2. Seret dan jatuhkan foto ke kotak putih atau klik pada kotak putih untuk mengunggah foto dengan menempatkannya di komputer Anda.


  3. Temukan lokasi Anda di peta: ketik alamat bisnis di kotak pencarian atau nama tempat di mana Anda ingin menandai foto Anda dan tekan “Enter”.

  4. Spidol merah yang dipasang di tujuan Anda dan geotag yang ada akan ditampilkan di peta. Untuk memilih lokasi yang tepat, ubah lokasi saat ini dengan menyeret penanda merah di peta ke tempat yang benar menggunakan mouse Anda.
  5. Dalam kotak “nama dokumen”: ketik nama foto baru.
  6. Tekan tombol “Tulis EXIF ​​Tag” untuk menambahkan informasi geotag ke foto Anda.

  7. Anda akan melihat bahwa foto Anda berhasil ditandai ketika kotak hijau “foto ditandai” ditampilkan.

  8. Tekan tombol “Unduh” untuk menyimpan foto geotag ke komputer Anda.
  9. Periksa kembali apakah geotag telah ditambahkan ke foto Anda atau tidak. Klik kanan pada foto yang baru saja Anda geotag untuk memilih menu “Properties”.

  10. Pilih detail, di sini, Anda akan menemukan data GPS dari foto.

Bagaimana cara menambahkan kata kunci ke foto Anda?

  • Buat daftar kata kunci yang paling penting yang terkait dengan bisnis Anda.
  • Tambahkan variasi kata kunci ke sebagian besar foto. Idealnya, Anda akan mengganti nama foto Anda menggunakan kata kunci ini.
  • Jangan terlalu sering menggunakan kata kunci, coba beri nama foto dengan kombinasi kata kunci.

Bonus: Bagaimana Cara Membuat Peta Kustom untuk Bisnis Anda di Google Maps?

Ini bukan keharusan untuk akun GMB, tetapi jika Anda ingin menampilkan lokasi Anda dengan peta di situs web Anda, Anda dapat menggunakan Google Maps untuk membuat peta khusus. Peta ini menunjukkan lokasi kantor yang berbeda dan membantu Anda mendapatkan visibilitas yang lebih baik di kehadiran lokal dengan menyematkannya di situs perusahaan (bagian kontak).

Daftar peta Google tidak dikenai biaya. Pengunjung situs web mendapat manfaat dari menggunakan peta lokasi dan nilai Google yang dengan memberi peringkat perusahaan lebih tinggi. Selain itu, lebih mudah bagi orang-orang untuk mendapatkan petunjuk arah mengemudi, informasi, dan mengirimkan ulasan untuk lokasi-lokasi ini.

  1. Pergi ke Google My Maps dan klik “Buat peta baru”. Anda harus masuk menggunakan akun Gmail.

  2. Ketik alamat bisnis di bilah pencarian dan klik ikon “cari”.
  3. Google mencari alamat dan menempatkan penanda hijau di peta saat menampilkan detail lokasi. Klik pada “Tambahkan Penanda” dan kemudian klik tutup pada titik penanda hijau.

  4. Harus ditempatkan penanda biru di peta. Pegang spidol biru ini dan letakkan tepat di atas spidol hijau.
  5. Klik penanda biru dan detail muncul dengan Bujur / Garis Lintang.
  6. Dari informasi yang disediakan, tambahkan judul peta (nama perusahaan) dan uraiannya.

  7. Untuk menambahkan foto atau video, klik tombol “Tambahkan gambar atau video”.
  8. Pilih foto atau tempelkan URL perusahaan di bawah kategori unggahan yang relevan dan klik Pilih.
  9. Anda akan dialihkan ke halaman peta setelah mengunggah foto. Kemudian Anda mengklik tombol “Simpan”.
  10. Klik “Bagikan tautan”.
  11. Anda perlu menulis judul peta (nama perusahaan) dan deskripsi lagi, lalu Klik “OK” setelah selesai.

  12. Dalam “pengaturan berbagi” di bagian “yang memiliki akses” klik “Ubah”.

  13. Pilih tombol radio di sebelah ‘Aktif – Publik di web’ dan klik Simpan.
  14. Klik pada tombol “Selesai”.
  15. Klik pada “Tiga Titik” dan pilih dari menu “Pull-down”, klik “Cantumkan di situs saya”.
  16. Salin kode HTML dan email ke pengembang situs web Anda (yang akan ditambahkan ke situs web Anda), lalu klik “OK”.

Bagaimana cara membangun kutipan yang sukses?

Kutipan adalah cantuman nama, alamat, dan data bisnis di berbagai situs dan platform yang mengindeks informasi dari berbagai bisnis.

Jadi bagaimana kita memulai?

  1. Temukan situs kutipan yang tepat:
  • Sebagai petunjuk, Anda dapat mencari pesaing bisnis Anda dan memeriksa di mana mereka terdaftar.
  • Anda dapat mencari direktori lokal yang menargetkan bidang industri atau bisnis Anda.

Berikut beberapa contoh direktori dan situs web yang tersebar luas:

  • Bing Places untuk Bisnis: Anda dapat menambahkan beberapa lokasi bisnis, foto, video, dengan pendaftaran gratis.
  • Daftar Lokal Yahoo: Peringkat ketiga di sebelah Google dan Bing. Daftar dasar gratis
  • Yelp: Ini memungkinkan Anda mengirim pesan publik atau pribadi (termasuk transaksi) kepada pelanggan dan meninjau tren bisnis menggunakan alat pelaporan Yelp.
  • Yellow Page: Ini menawarkan iklan, perolehan prospek, dan data kinerja iklan yang terperinci.
  • Foursquare: direktori bisnis gabungan ini dan situs jejaring sosial, memungkinkan pengguna untuk check in melalui peta dan komentar tentang bisnis Anda.
  • TripAdvisor: untuk bisnis yang terkait dengan industri perhotelan atau hiburan di 48 pasar di seluruh dunia.
  • Apple Maps: layanan pemetaan web yang disediakan oleh Apple.
  1. Pilih situs web kutipan yang berbeda dan buat cantuman. Pastikan informasi NAP Anda konsisten.
  2. Opsional: Anda mungkin ingin membuat akun email terpisah untuk semua daftar kutipan Anda. Sebagian besar situs web akan mengirimi Anda tautan aktivasi. Biasanya, tautan ini perlu dikonfirmasi.
  3. Jangan lupa untuk mengunggah logo dan foto bisnis Anda.

Selamat Anda Siap Berkompetisi di Pasar Lokal Anda!

Jika Anda mengikuti instruksi kami dengan cermat, Anda akan dapat membuat akun GMB Anda, mengoptimalkan foto bisnis Anda, menanamkan bisnis Anda di Google Maps dan daftar bisnis Anda di direktori lokal. Dan tentunya Anda dapat mengetahui cara mendaftar bisnis lokal Anda di Google.

Apakah Anda ingin kami mengambil kerumitan dalam membuat / memperbarui profil GMP Anda dan menambahkan kutipan dari tangan Anda? Lihat layanan kami, yang kami jamin selesai dalam dua hari kerja!

Biarkan kami membantu Anda untuk memberi peringkat bisnis Anda lebih baik di Google dan mempermudah pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Lihat layanan kami!

Kelola bisnis Anda dengan mudah dan buat lebih mudah bagi pelanggan Anda untuk menemukan bisnis dan mesin telusur Anda juga. Mulailah hari ini!

Write A Comment