Ada ratusan taktik sosial media marketing yang bisa dipilih.
Jika Anda sedang menjalankan bisnis online dan sosial media marketing, mungkin Anda pernah mencoba taktik berikut ini.
- Posting pada waktu yang optimal
- Share konten menarik
- Buat percakapan
- Share visual/gambar-gambar lucu atau menarik…
Masih banyak lagi jika diteruskan.
Semua taktik bekerja sampai tingkat tertentu. Tapi jika taktik tersebut sudah banyak digunakan, bagaimana taktik tersebut bisa membuat Anda terlihat lebih menonjol dari yang lainnya?
Kabar baiknya adalah masih ada beberapa taktik yang diabaikan, namun bisa menjadi efektif jika Anda tambahkan ke strategi Anda.
Di bawah ini taktik sosial media marketing yang bisa Anda tes sekarang juga. Mungkin ada yang efektif untuk bisnis Anda.
Table of Contents
1. Menyediakan Layanan Pelanggan Melalui Sosial Media
Menurut Insightsquared.com, 67% konsumen menggunakan sosial media untuk layanan pelanggan?
Banyak juga yang berhenti berbisnis dengan sebuah perusahaan karena mereka tidak senang dengan layanan pelanggan di sosial media mereka.
Sebenarnya mudah untuk mengetahui alasannya.
Misalnya saja, Anda ingin membeli sepasang sepatu tertentu, tapi tidak tahu berapa harganya. Anda mengunjungi halaman Facebook sebuah toko sepatu dan mengirim pesan (atau menulis komentar), menanyakan harganya.
Sekarang mari kita lihat dua kemungkinannya:
1. Anda mendapat pesan dengan info yang telah Anda cari. Jika Anda puas dengan harganya, Anda mungkin langsung membeli sepatu tersebut. Bahkan, Anda membeli sepatu meskipun harganya mahal, karena Anda merasa nyaman dan puas dengan bisnis tersebut.
Sekarang mari kita pertimbangkan situasi yang berlawanan:
2. Anda tidak pernah mendapat balasan dari toko tersebut. Maukah Anda membeli sepatu itu? Mungkin tidak! Tidak ada customer/calon customer yang senang jika merasa diabaikan dan tidak dihargai oleh sebuah brand.
Itulah sebabnya, cukup sering, customer service dapat membangun atau menghancurkan bisnis Anda.
Dan sekarang banyak perusahaan yang akhirnya menyadari bahwa platform sosial media adalah tool utama untuk menyediakan layanan pelanggan. Anda juga bisa mencoba taktik sosial media marketing ini.
2. Menggunakan Cover Photo sebagai Promosi Visual
Profil di sosial media bisa Anda manfaatkan.
Ada satu elemen tertentu di halaman yang selalu kita perhatikan dahulu, yaitu foto sampul atau cover photo.
Banyak aspek visual dan Anda harus memanfaatkannya.
banyak bisnis ataupun perusahaan yang menggunakan foto sampul untuk mempromosikan acara, diskon, webinar, dll.
Lihatlah foto sampul berikut ini.
Sampul mereka menjelaskan dengan tepat apa yang mereka lakukan.
Sayangnya, banyak bisnis yang masih kehilangan peluang besar. Mereka tidak menggunakan sampulnya untuk mempromosikan konten, seperti posting blog, infografis dan video.
Jadi, pertimbangkan untuk mengganti foto sampul Anda untuk setiap posting atau event Anda. DigitalMarketer.id biasanya mempromosikan workshop melalui foto sampul di Facebook.
3. Melibatkan Karyawan
Platform media sosial menawarkan kesempatan besar bagi perusahaan untuk melibatkan karyawan mereka dalam kampanye sosial media marketing.
Namun, hanya sedikit bisnis yang memanfaatkan potensi besar tersebut.
Bayangkan apa yang akan terjadi jika semua karyawan Anda ambil bagian dalam kampanye promosi dan membagikan konten Anda dengan teman-teman mereka di sosial media.
Ini bisa membuat peningkatan besar dalam jangkauan organik di sosial media.
Salah satu contohnya adalah Facebook itu sendiri. Mereka memiliki karyawan yang selalu mempromosikan konten dan brand mereka.
Anda tidak melihat promosi tentang pertumbuhan dan aktivitas di Facebook hanya di halaman penggemar utama. Tim ini juga berbagi berita dan opini yang bisa meningkatkan jangkauan media sosial.
Anda bisa melakukan hal yang sama.
Tapi jangan pernah memaksa karyawan Anda untuk mempromosikannya. Cari orang-orang yang ingin melakukannya, dan beri mereka kesempatan.
Menggunakan iklan dan menjaga agar halaman Fanpage Facebook ramai diperlukan. Tapi, tidak hanya sampai situ saja. Membuat anggota tim Anda mempromosikan konten akan lebih bagus.
4. Survei Audience Secara Real Time
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa perusahaan yang sukses melakukan survei?
Ada banyak alasan untuk itu:
- Melalui survey mereka mendapatkan info tentang persepsi audience tentang produk atau layanan
- Sangat mudah bagi sebuah perusahaan untuk melakukan survei
- Hasil sebuah survei memungkinkan organisasi membuat keputusan yang tepat
Nah taktik sosial media marketing selanjutnya adalah survei audience secara real time.
Survey dan permintaan survei tidak lagi terbatas pada email. Perusahaan sekarang dapat mensurvei audiens mereka secara real time melalui sosial media.
Itu berarti bisnis bisa mendapat feedback cepat dengan polling sederhana yang berbentuk pertanyaan.
Jadi, jangan malu-malu untuk melakukan survey.
Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan audience Anda (kebanyakan orang suka memilih dan menjawab survei tentang masalah sosial). Pada saat yang sama, ini adalah kesempatan bagus untuk mengumpulkan informasi berharga tentang audience Anda.
5. Menggabungkan Taktik Sosial Media Marketing Berbayar dan Organik
Era iklan TV dan metode lama lainnya sudah ketinggalan jaman.
Bukan hanya iklan media sosial yang jauh lebih murah daripada semua metode lama, tapi juga lebih tertarget, dan karena itu lebih efektif.
Reddit, Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, dan Pinterest semuanya memiliki platform periklanan canggih. Mereka memungkinkan perusahaan menjangkau audience dengan sasaran yang tepat.
Strategi sosial media marketing berbayar seperti membuat iklan di Facebook perlu Anda coba.
Namun, Anda harus berusaha menggabungkannya dengan strategi pemasaran organik yang gratis.
Bagikan posting blog, konten panjang yang berkualitas, gambar unik, dan komunikasi langsung dengan audience.
Bila dikombinasikan dengan iklan berbayar, taktik sosial media marketing ini akan menghasilkan kesuksesan yang tak terelakkan.
6. Publish Konten Panjang di Sosial Media
Jika melihat Twitter, mudah untuk menganggap bahwa sosial media adalah tentang singkat dan itu keren. Tapi itu tidak selalu begitu.
LinkedIn, misalnya, memiliki platform penerbitan sendiri yang memungkinkan pengguna posting konten yang panjang.
Facebook juga memungkinkan Anda untuk menulis update status yang sangat bagus dengan fitur note. Anda dapat memanfaatkan fitur note Facebook ini untuk berbagi opini dengan bentuk panjang yang mudah ditemukan oleh audience.
Platform sosial media memberi perusahaan ruang tak terbatas untuk berbagi berita, artikel, pesan promosi, dan opini.
Sudah saatnya semua orang menyadari hal itu.
Mengubah setiap posting Anda menjadi sebuah “esai” bukanlah ide bagus, tapi bukan berarti Anda sebaiknya tidak membagikan konten dalam bentuk panjang sesekali.
7. Memiliki Strategi Unik untuk Setiap Jaringan
Jika Anda memiliki profil di beberapa platform, pendapat yang salah jika menganggap audience Anda sama di setiap jaringan.
Namun, kebanyakan bisnis mengabaikan fakta bahwa audience di setiap jaringan itu unik.
Anda mungkin pernah melihat foto Instagram yang diposting di Facebook, Twitter, Pinterest, dan semua sosial media lainnya sekaligus.
Atau bagaimana dengan brand yang berbagi konten dan teks yang sama di semua platform? Ada begitu banyak yang melakukan hal itu!
Tapi itu adalah kesalahan besar.
Format dan dimensi tidak hanya berbeda untuk platform yang berbeda, namun begitu juga minat audience-nya.
Setiap jaringan menuntut strategi unik – yang dikembangkan sesuai dengan getaran khusus yang dimiliki pemirsa.
8. Bekerja sama dengan Influencer dan Follower
Banyak bisnis yang akhirnya menyadari dan memanfaatkan kekuatan influencer marketing.
Jika Anda bukan salah satu dari mereka, saatnya Anda memulainya!
Lagi pula, jika Anda membangun hubungan dengan influencer, Anda dapat meminta mereka untuk mempromosikan kampanye Anda dan dengan demikian itu membuat konten Anda tersedia bagi audience mereka (influencer) yang besar.
Efek influencer dapat jauh lebih besar jika Anda menghubungi Influencer secara langsung.
Semua platform sosial media memungkinkan Anda menjangkau pemimpin industri dan melibatkan anggota komunitas.
Mudah untuk menghubungi mereka dan menegosiasikan sebuah tawaran, jadi cobalah.
9. Berfokus pada Profil LinkedIn
Ketika pakar pemasaran ingin mempromosikan sebuah organisasi, mereka biasanya menggunakan Facebook, Twitter, dan Instagram.
Aneh kalau begitu banyak yang mengabaikan LinkedIn, karena menurut mereka tujuannya adalah menghubungkan pencari kerja dengan pengusaha.
Tapi LinkedIn adalah jaringan yang sangat berpengaruh.
Ketika setiap karyawan mempromosikan perusahaan melalui profil LinkedIn mereka, organisasi tersebut segera mendapatkan lebih banyak otoritas.
LinkedIn juga memiliki platform publisher hebat yang dapat Anda gunakan untuk berbagi konten Anda.
Dan ada banyak Grup LinkedIn tempat profesi pergi setiap hari untuk menukar konten yang bagus.
Kesimpulan
Banyak bisnis yang menggunakan sosial media untuk pemasaran. Namun, apakah mereka melakukannya dengan cara yang benar? Tidak selalu.
Sudah saatnya menyadari bahwa promosi lewat sosial media membutuhkan pendekatan strategis. Bisnis harus membuat beberapa poin sentuh dengan konsumen potensial.
Jadi, jika Anda mulai menerapkan 9 taktik sosial media marketing di atas, Anda akan membuat kampanye yang lebih lengkap dan dapat menjangkau lebih banyak orang.
Apakah Anda memiliki taktik yang lain? Jangan ragu untuk berbagi bersama DigitalMarketer.id pada kolom di bawah ini!