Social Media

Membuat Iklan di Instagram untuk Mempromosikan Bisnis Anda di 2021

Perkenalkan saya Freddy Ferdinand , Saya adalah Cofounder Merchant dan Sharkmind. Saya sudah berpengalaman di Digital Marketing dari tahun 2015 hingga saat ini 2021.

Lewat artikel ini , Saya sendiri yang akan mengajarkan kepada Anda tentang apa itu digital marketing dari seorang praktisi dalam artikel ini. Karena begitu banyak orang yang bertanya tentang apa itu digital marketing kepada saya dan saya membutuhkan 1 konten yang bisa menjelaskan digital marketing yang begitu luasnya.

Artikel ini pasti berbeda dibandingkan artikel lain pada umumnya yang dibuat oleh penulis konten di website lain. Karena artikel ini saya kurasi dan quality control sendiri agar Anda memahami betul tentang Digital Marketing yang bisa membuat bisnis Anda naik secara signifikan dari pengalaman 6 tahun saya.

Saya dan team saya selama ini sudah menghabiskan lebih dari jutaan dollar di iklan, membuat ribuan konten hingga ribuan influencer marketing yang tentunya menghasilkan uang berlipat ganda.

Beberapa pengalaman digital marketing yang saya miliki.

Perusahaan kami terpilih oleh Facebook menjadi pemenang Facebook Agency League Ranking 2 se Indonesia di Quartal 4 2020, Perusahaan yang baru berumur 3 tahun ini mengalahkan beberapa perusahaan lain yang sudah bertahun tahun dan memegang brand brand multinational.

Perusahaan saya mendapatkan penghargaan karena berhasil membantu 3 partner mendapatkan penjualan 1 Juta Dollar (14Milyar+) dan 10 Juta Dollar (140Milyar+) semua dengan teknik digital marketing.

Besar harapan saya untuk menjelaskan kepada Anda digital marketing yang bisa merubah hidup saya dan saya juga percaya bisa merubah hidup Anda.

Jika Anda membaca artikel ini di bulan Juni, Kami dalam proses pendetailan artikel ini agar Anda bisa memahami digital marketing secara utuh, mudah dan sederhana.

Jika artikel ini diupdate dengan lebih detail , Kami akan menginfokan kepada Anda lewat Social Media saya. Silahkan follow saya disini :

Sambil menunggu artikel ini diupdate dengan lebih detail, Anda bisa baca tentang apa itu digital marketing yang sudah dibuat oleh team saya. Selamat belajar.

Apa itu Instagram Ads atau Iklan Instagram ?

Dengan 500 juta pengguna aktif per bulannya, Instagram menawarkan kesempatan unik bagi pemasar untuk menjangkau target audience mereka dengan membuat kampanye iklan.

Berdasarkan data dari Statista, Perkembangan pengguna Instagram naik secara derastis dimulai tahun 2011 hingga sekarang.

Iklan di Instagram terlihat hampir tidak ada yang berbeda dari posting biasa, membuat mereka jauh kurang terlihat beda dibandingkan jenis iklan lainnya.

Tapi menyiapkan dan membuat iklan pada platform apapun membutuhkan banyak pemikiran: Siapa target audience Anda? Copywriting seperti apa yang ditulis? Gambar apa yang harus Anda gunakan? Belum lagi, aspek yang lebih teknis berapa ukuran gambarnya atau berapa lama iklan harus dijalankan.

Untuk itu, Kami coba membahas secara tuntas berdasarkan pengalaman founder kami selama 4 tahun dengan mengalokasikan lebih dari 10 milyar di iklan Facebook dan Instagram.

Beberapa tahun lalu Instagram di hebohkan dengan alghoritma yang berubah. Yang dari awalnya Feed kita kronologi (Postingan yang muncul berdasarkan jam). Sekarang berubah menjadi berdasarkan interaksi.

Semakin sering kita berinteraksi dengan Instagram tersebut maka semakin sering postingan atau stories kita muncul. Ini harus di lakukan karena Instagram sudah mulai sesak.

Coba bayangkan Anda dalam 1 hari bisa melihat berapa banyak postingan dan stories ? Tidak mungkin kan semua postingan dan stories orang Anda lihat ? Maka Instagram secara algoritma harus mempeioritaskan postingan yang muncul di timeline Anda.

Kunci dari organik ini adalah semakin sering kita interaksi maka semakin sering muncul, Semakin sering brand berinteraksi dengan customer nya maka semakin sering postingan brand tersebut muncul.

Tidak heran maka jika banyak akun Instagram memposting banyak stories untuk membangun interaksi. Tapi yang kita bahas disini bukanlah tentang organik. Tapi bagaimana kita memanfaatkan iklan di Instagram.

Iklan di Instagram ini super penting karena bayangkan jika Anda membuat akun Instagram baru dengan tidak ada follower. Bagaimana caranya bisa mendapatkan 100 juta penjualan di bulan pertama ? Jika mau memanfaatkan organik maka butuh waktu berapa lama ?

Jangan – jangan sebelum brand kita dikenal, sudah di balap dan dikalahkan kompetitor. Iklan pun tidak bisa sembarangan. Karena bayangkan jika kita berjualan Ban Mobil ke orang yang tidak punya mobil ? Maka mau berapapun iklan yang dikeluarkan tidak akan ada penjualan.

Di web saya ini Anda akan mempelajari cara beriklan dengan tepat. Record yang saya pegang dalam beriklan adalah penjualan 2 milyar kurang dari 1 bulan dengan biaya iklan 20-30%.

Yup ini mungkin karena kita menggunakan iklan. Jika profit maka kita bisa naikkan biaya iklannya, Biaya Iklan tidak terbatas selama tetap profit.

Iklan yang bagus harus di dukung dengan konten yang bagus pula, Jika iklan itu bagikan baju maka konten bagaikan celana , Anda tidak bisa tambil lengkap jika hanya menguasai atau jago salah satu. Anda membutuhkan keduanya untuk menjadi lengkap.

Ini 5 hal menurut saya kepada Anda harus beriklan dan belajar beriklan di Instagram dari sekarang.

  1. Kompetitor Anda mungkin belum tau
  2. Beriklan bisa mulai dari di bawah Rp 100.000
  3. Menjangkau lebih banyak customer dengan cepat
  4. Menjadi market leader sebelum disalip kompetitor
  5. Bisa trial error dengan lebih cepat

Jika Anda sudah tau pentingnya iklan di Instagram maka Anda bisa pelajari materi selanjutnya untuk mulai beriklan di Instagram, Saya menyediakan 2 jenis materi untuk Anda ikuti.

Iklan Instagram sederhana yang bisa Anda lakukan kurang dari 15 menit, dan iklan Instagram kompleks yang bisa Anda lakukan dalam 1 jam.

Cara Membuat Iklan di Instagram dari HP

1. Pilih postingan yang ingin Anda iklankan

2. Connect Instagram dengan Facebook

Disini saya meng-conenctkan Instagram saya dengan Facebook saya, Tujuannya agar iklan saya bisa muncul di Ads Manager. (Saya akan jelaskan di poin 6)

Saya menggunakkan aplikasi Facebook di Handphone sehingga muncul seperti ini.

Kemudian pilih Continue untuk mengconnect kan Instagram dan Facebook.

3. Pilih Target iklan

Disini Anda akan memiliki 3 target iklan,

  • Your Profile

Ketika iklan di klik maka akan menuju profile Anda, (Bagus untuk mencari follower)

  • Your Website

Jika Anda menggunakkan website maka Anda bisa menggunakkan objective ini. Anda juga bisa menggunakkan link whatsapp sehingga ketika iklan Anda di klik maka akan langsung ke Whatsapp Anda. (Bagus untuk membawa orang ke website atau Whatsapp Anda)

(Cari tau tentang Merchant Pixel)

  • Your Direct Message

Ini untuk membuat orang DM di Instagram Anda.

4. Pilih Target Iklan

Disini Anda akan di minta untuk memilih Automatic atau Create your own.

Jika Anda menggunakkan automatic maka lebih simpel, tapi kurang efektif karena Anda tidak bisa menentukan sendiri target customer Anda.

Saya berikan tutorial untuk 2 jenis iklan ini.

4.1 Pilih Target Iklan (Automatic)

Jika Anda tidak membeli follower , maka targeting automatic ini akan sangat efektif sekali karena memiliki algoritma pencari market yang sesuai dengan orang yang follow Anda.

Kemudian Anda tentukan budget dan lama durasi iklan. Budget ini akan di habiskan dalam durasi yang sudah Anda tentukan. Dalam kasus ini 300 ribu untuk 6 hari.

Jika Sudah maka Anda akan di minta untuk memasukan kartu kredit. Dan langsung pencet create promotion maka iklan Anda sudah di jalankan.

4.2 Create Audience

Untuk bagian ini sedikit lebih kompleks karena Anda perlu memasukan beberapa hal.

Audience Name Hanya untuk catatan Anda maka Anda bisa masukkan nama apapun. Kalau mau mudah Anda bisa isi dengan nama kumpulan Interest yang nanti Anda masukkan.

Location

Disini Anda masukkan iklan Anda mau di munculkan di kota apa, Jika nanti Anda menggunakkan Facebook Ads Manager, Anda bisa target lebih general seperti “Indonesia” atau provinsi yang ada di Indonesia. Pada fitur ini di batasi hanya target kota.

Interest, Ini yang powerfull dari Facebook dan Instagram Ads yaitu kita bisa menargetkan iklan kepada orang yang tertarik pada kategori – kategori tertentu. Tentunya ini sesuaikan dengan niche bisnis Anda.

Untuk belajar lebih dalam tentang interest baca artikel ini >>

Setelah itu Anda tinggal memasukan umur audience Anda dan gender nya.

Jika sudah maka audience otomatis ter-save agar Anda bisa gunakkan di iklan lainnya.

5. Menentukan Budget

Proses selanjutnya sama dengan automatic yaitu Anda menentukan budget.

Dan iklan Anda siap untuk di jalankan.

Jika Anda sudah ada notifikasi ini maka iklan Anda sedang dalam proses review, Jika proses review sudah selesai maka iklan Anda otomatis akan di setujui dan berjalan.

6. Mengecek daftar iklan.

Di bagian profile Anda bisa klik Promotions untuk tau daftar iklan apa saja yang sedang berjalan dan hasilnya seperti apa.

7. Menganalisa iklan di Facebook Ads Manager.

Ingat tentang poin nomer 2 saya yang mengintegrasikan Facebook dengan Instagram ? Jika Anda melakukannya maka Anda bisa melihat iklan Anda di Facebook Ads Manager seperti ini.

Tujuannya adalah Anda bisa membaca laporan dengan lebih detail dan cepat, Laporan yang muncul disini jauh lebih lengkap dibandingkan yang dari Hp.

Beriklan Instagram Lewat Komputer / Laptop (Fitur Lebih Lengkap dan Menguntungkan)

Selain beriklan di Instagram, Anda juga bisa beriklan lewat komputer. Banyak fitur targetting yang hanya tersedia jika Anda beriklan di komputer.

Contohnya seperti Anda bisa target orang yang mengunjungi instagram Anda, Provinsi, Negara, beriklan di Instagram Stories, beriklan di Instagram stories langsung dengan 3 postingan dan banyak lainnya.

Mau naik kelas ? Anda bisa lanjut pelajari iklan Instagram lewat komputer atau laptop disini.

Sekarang Giliran Anda

Itulah cara membuat iklan di Instagram dan sekarang Anda telah mengetahuinya. Jika benar-benar tertarik dengan iklan Instagram untuk mempromosikan bisnis Anda, Kini giliran Anda untuk membuat iklan di Instagram.

Dengan 500 juta pengguna aktif per bulannya, itulah peluang yang sangat terbuak untuk memasarkan bisnis Anda ke target Audience yang cukup banyak.

Bila anda ingin lebih detail untuk mempelajari cara ber iklan dengan Instagram dan facebook

Write A Comment