Table of Contents
Fakta Keren tentang Social Media
Sudah berapa lama sejak Anda terjun ke dunia social media dan masih ingatkah Anda kapan pertama kali Anda mulai menggunakan social media?
Sambil megingat-ingat moment pertama Anda saat menggunakan social media, di era 2006 ke belakang salah satu social media seperti Friendster pernah booming di kalangan masyarakat Indonesia terutama kaum muda-mudi.
Setelah itu disusul dengan raksasa social media Facebook kemudian Twitter, Pinterest tampak menjanjikan, Instagram yang menarik perhatian, Google+ dll.
Saat ini, Snapchat adalah salah satu jejaring social media yang mampu disejajarkan dengan social media besar lainnya yang sudah lama dan ada terlebih dulu darinya.
Berawal dari sekumpulan remaja yang mengambil foto dan dapat expired dalam jangka waktu singkat serta dapat menuliskan quotes, sampai akhirnya muncul fitur-fitur baru yang membuat aplikasi social media ini menjadi viral dan digemari banyak orang.
Setelah lama berada di sekitar social media, mungkin baru saat ini kita dapat memahami potensinya.
Kenyataannya adalah bahwa social media marketplace semakin besar. Hal Ini menjadi kesulitan tersendiri untuk mengetahui apa yang akan bekerja dan apa yang tidak. Sebagai marketer, kita perlu terus mencoba sampai hasilnya mulai terlihat.
Bebasnya jejaring social dan apps, terjangkaunya marketing tools dan adanya sedikit peraturan telah berevolusi menjadi industri yang tumbuh besar.
Ini menjadi beberapa implikasi besar untuk bisnis, pengguna dan web. Dan fakta keren tentang social media terus berubah.
Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk lebih memahami fakta keren tentang social media yang sayang jika terlewatkan.
Mari kita mulai.
Bagaimana Industri Baru Bertumbuh?
Setiap industri yang matang memiliki kesamaan historis umum. Berikut ini diantaranya :
1. Consolidation
Perusahaan yang pertumbuhannya cepat dengan uang tunai mulai membeli strategi pemula yang memungkinkan mereka untuk mempercepat dan mendominasi industri tanpa harus membangun sendiri.
Facebook membeli Instagram seharga $ 1 milyar, WhatsApp sebesar $ 19 milyar dan virtual reality startup Occulus Rift sebesar $ 2 milyar. Linkedin juga membeli Slideshare kemudian Microsoft membeli LinkedIn seharga $ 26, 2 milyar.
Membangun sendiri perusahaan dari awal bahkan ketika Anda memiliki banyak uang cash tidak akan selalu bekerja.
Google gagal sebanyak $ 550 juta dengan mengaktifkan Google+ sebagai buktinya.
Lalu kapan hal ini akan berakhir?
Tidak akan. Tapi jangan berharap bahwa Microsoft membeli Linkedin dan akan membuatnya menjadi lebih baik.
News Ltd membeli MySpace dan kita tahu bagaimana akhirnya. Dengan sedikit keberuntungan Microsoft akan meninggalkan LinkedIn berjalan sendiri seperti yang telah dilakukan Facebook terhadap Instagram.
2. Land Grabs
Aplikasi yang memiliki fokus luar biasa seperti Periscope dengan video live streaming sering dikenal sebagai fitur pada platform yang lebih besar.
Ini tidak berarti mereka akan melakukannya dengan baik karena seringkali kurang fokus.
Karena sekarang “Facebook Live” memiliki beberapa potensi nyata untuk memperlambat Periscope.
3. Open to Closed
Tim Wiu, seorang professor dari Columbia University memiliki beberapa pandangan serius pada pola kerajaan informasi yang besar dari abad ke-20 dalam bukunya “Master Switch – The Rise and fall of Information Empires“.
“Setiap media baru yang besar, dari telepon ke televisi satelit, telah pada gelombang optimisme idealis yang sama, sebelum menyerah pada arus yang tak terelakkan dari konsolidasi industri. Setiap teknologi yang bebas dan terbuka, pada waktunya nanti akan menjadi terpusat dan tertutup ; sebagai kekuatan perusahaan yang telah mengambil kontrol dari ‘switch master.’
Semua industry yang awalnya bebas dan terbuka secara perlahan-lahan akan diberi batasan dan akan dikendalikan juga.
Kemana Social Berjalan?
Walaupun sosial mulai mengkonsolidasi, ada beberapa tren dan produk menarik yang muncul. Berikut ini ada 3 yang paling menarik :
- Streaming Live Video
Streaming live video masuk dan mulai populer pada awal tahun 2015 sampai Twitter memotong akses ke API dan meluncurkan aplikasi Periscope yang bersaing setelah membeli perusahaan tersebut.
Sekarang kita melihat munculnya “Facebook Live”, dan bahkan Tumblr bekerja sama dengan YouTube untuk mensupport live video pada service.
Ada juga beberapa startups menarik yang termasuk live video streaming di set fitur-fiturnya. Salah satunya adalah marketing platform video Twentythree.net.
Sumber Infografik: Socialmediatoday
- Short Lived Content
Snapchat telah menangkap banyak marketer sebagai saluran pemasaran. Ini merupakan engagement metrics tinggi yang mulai diperhatikan.
Ada fakta dimana 35% dari pengguna Facebook meng-upload foto setiap hari sementara di 65% lainnya mengupload di Snapchat.
Tapi kekuatan sebenarnya dari engangement yang membawa pengguna kembali setiap hari untuk Snapchat adalah video yang menghilang, gambar dan pesan.
Facebook telah melihat masa depan di sini dan mereka juga berencana untuk meluncurkan fitur pesan yang dapat menghilang seperti gaya Snapchat.
- Virtual Reality, Social & Mobile Intersect
Virtual reality masih sangat menjanjikan dan telah tertanam pada niche industri game. Ini menjadi jalur utama sebagai jaringan sosial dan saat ini media players mulai bereksperimen serta meluncurkan hardware dan apps.
Tetapi ledakan dari aplikasi mobile Pokemon Go telah meluncurkan virtual reality dalam jalur utama media pers.
Hanya dalam waktu 1 bulan sejak diluncurkan, applikasi ini telah menciptakan perhatian serius. Waktu yang dihabiskan pengguna jauh lebih banyak dibandingkan Facebook, Snapchat & Twitter.
Sumber : Techcrunch
Dari sini kita dapat melihat dari virtual reality yang bergerak dari niche ke jalur utama (mainstream). Facebook telah melihat masa depan ini dengan membeli perusahaan virtual reality Occulus Rift lebih dari 2 tahun yang lalu.
Jadi bagaimana kondisi social media saat ini? Berikut adalah beberapa fakta social media untuk diketahui.
Fakta Keren tentang Social Media dari 10 Jaringan yang Berbeda
Berikut adalah fakta-fakta terbaru yang telah ditemukan dari sekitar 10 jaringan social media yang perlu diketahui dan dipertimbangkan oleh para pengusaha, pemilik bisnis dan marketer.
1. Snapchat
Snapchat diluncurkan pada bulan September 2011 setelah Evan Spiegel mempresentasikannya sebagai proyek kelas di Universitas Stanford saat belajar desain produk. Judul awal untuk pekerjaannya adalah “Picaboo” dan didasarkan pada konsep menggunakan gambar yang secara gamblang berjangka pendek.
- Ada lebih dari 100 juta pengguna aktif harian.
- Pengguna Snapchat menonton lebih dari 6 miliar video setiap hari (ingat video hanya berdurasi 10 detik panjangnya)
- 8796 Foto dishare setiap detik
- 30% media planner, agency dan brand memiliki rencana untuk menggunakan Snapchat dalam kampanye mereka
- 65% dari pengguna Snapchat mengupload foto setiap hari
- 76% dari millennial menggunakan Snapchat
Sumber Infografik : Stateofdigital.com
2. Facebook
Facebook telah bersama kita sejak Februari 2004. Valuasinya saat ini mencapai $ 350 miliar. Mungkin Facebook menjadi perusahaan triliun dolar pertama di dunia.
- Pengguna Facebook sekarang totalnya mencapai 1,65 miliar pengguna bulanan
- 823 juta penggunanya hanya mengakses dari mobile.
- Laba bersih untuk kuartal pertama 2016 adalah $ 1,51 milyar
- Market vakue Facebook saat ini adalah $ 321 milyar
- Sejauh ini telah menghabiskan lebih dari $ 25 milyar untuk membeli pesaing (Termasuk Instagram, WhatsApp dan perusahaan virtual reality Oculus)
- 83% orang tua di Facebook berteman dengan anak-anak mereka di Facebook
- Facebook menambahkan setengah juta pengguna baru setiap hari
- 47% dari semua pengguna internet ada di Facebook
- 4,5 juta like dihasilkan setiap hari
- Facebook mengambil 22% dari waktu Internet (dibandingkan dengan 11% untuk Google dan dikombinasikan dengan YouTube)
- Facebook memiliki 19% dari $ 70 miliar yang dihabiskan untuk iklan global mobile
- 78% dari pendapatan iklan Facebook berasal dari iklan mobile
Sumber Statistick : Brandwatch
Sumber Infografik : Jaydeemedia
3. Instagram
Instragam baru saja mendapat setengah milyar pengguna. Facebook membayar $ 1 milyar untuk itu pada tahun 2012 dan dilihat sebagai kemungkinan yang bodoh pada saat itu.
Namun sekarang tampak sangat bijaksana dan cerdik. Untuk estimasi valuenya saat ini? Menurut Bank of America itu bisa setinggi $ 37 milyar.
- 500 juta pengguna bulanan
- 20% dari semua pengguna internet ada di Instagram
- Rata-rata engagement di postingan Instagram adalah 1,1%
- 91% dari semua posting Instagram adalah foto
- 90% dari semua pengguna Instagram lebih muda dari usia 35
- 41% dari pengguna Instagram berusia antara 16 dan 24
- 47% dari Millenials menggunakan Instagram sebagai aplikasi messaging (dibandingkan dengan 50% untuk Facebook messenger)
- Sepertiga dari remaja mengatakan Instagram adalah jaringan sosial yang paling penting mereka
- Instagram telah menjadi dua kali lipat lebih besar setiap tahun selama 2 tahun terakhir
- 80 juta foto di-upload setiap hari
Sumber Statistik : Expandedramblings, Maximizesocialbusiness
Sumber Infografik : Maximizesocialbusiness
4. Twitter
Twitter sedang berjuang tetapi dengan lebih dari 300 juta pengguna itu masih merupakan jaringan sosial yang layak untuk ditangani dengan serius.
Platform ini sering digunakan sebagai metrik untuk mengukur pengaruhnya secara online.
- Saat ini Twitter memiliki 310 juta pengguna bulanan
- Pada 2015, pendapatannya mencapai $ 2,2 milyar
- Katy Perry memiliki lebih dari 85 juta pengikut di Twitter
- Tweet yang paling banyak retweeted adalah selfie Oscar oleh Ellen DeGeneres sebanyak 3,4 juta kali
- 500 juta orang melihat Twitter tanpa login
- 1 milyar orang setiap bulan melihat situs dengan tweet yang telah di embed
- 200 milyar tweet dikirim setiap tahun
- 500 juta tweet yang dikirim setiap hari
- Donald Trump memiliki 7 juta pengikut di Twitter
Sumber Statistik : Entrepreneur, Wikipedia, Economictimes
Sumber Infografik : Globalmediainsight.com
5. YouTube
YouTube hampir dilihat sebagai dinosaurus di web sosial modern (mulai pada tanggal 14 Februari 2005) tetapi ada angka yang menunjukkan bahwa YouTube akan semakin besar dan masih terus berkembang.
Google mengakuisisi YouTube pada tahun 2006 senilai $ 1,65 milyar yang tampaknya sekarang sedang dihargai sekitar $ 80 milyar.
- YouTube memiliki 1,3 milyar pengguna
- Sepertiga dari populasi internet dunia menggunakan YouTube
- Lagu Adele “Hello” hanya butuh 5 hari untuk mencapai 100 juta views
- Di Amerika Serikat YouTube mencapai pengguna dengan usia 18-49 tahun dari jaringan kabel
- Rata-rata waktu yang dihabiskan orang saat menonton YouTube pada mobile adalah 40 menit
- Lebih dari 50% dari pengguna YouTube menonton dari mobile
- Anda dapat menggunakan 76 bahasa yang berbeda di YouTube
- Pertumbuhan waktu menonton naik lebih dari 50% dari tahun ke tahun selama 3 tahun terakhir
- 5 juta video ditonton setiap hari
- YouTube mengeluarkan $ 6,3 milyar setiap tahun agar tetap berjalan dan termasuk untuk biaya maintainnya.
- PewDiePie merupakan partner YouTube yang paling tinggi bayarannya, sekitar $12,5 milyar
Sumber Statistik : YouTube, FortuneLords, Makeuseof
Sumber Infografik : Fortunelords
6. Flipboard
Mungkin Anda asing dengan satu platform yang satu ini. Sudah 6 tahun sejak Flipboard diluncurkan dan sering tidak dianggap serius oleh pemasar digital dan konten.
Namun ternyata platform ini bisa membawa traffic dibandingkan Facebook ke sebuah situs.
- Flipboard Flipboard memiliki sekitar 90 juta pengguna
- Flipboard mendapat dua kali lipat pengguna bulanan 40 juta menjadi 80 juta dalam kurun waktu kurang dari satu tahun
- JP Morgan memutar dana sebesar $ 50 juta di Flipboard pada tahun 2014.
- Total dana Flipboard adalah $ 210,5 juta
- Memiliki value antara $ 800 juta dan $ 1,32 milyar
- Pengguna top yang tertarik menggunakan Flipboard berasal dari bidang teknologi, news, dan desain
Sumber Fakta : TechCrunch, Venturebeat
Sumber Infografik : Flipboard.com
7. LinkedIn
LinkedIn baru-baru ini dibeli oleh Microsoft. Akan menjadi hal yang menarik untuk diamati, bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi evolusi dan pertumbuhan. Ada yang perlu Anda ingat.
Jika Anda seorang pengguna yang gemar menggunakan LinkedInd dan mengandalkan semua yang ada dalam platform tersebut untuk mendapatkan leads dan menjalin hubungan bisnis, maka Anda harus lebih berhati-hati dan sebaiknya tidak melakukan ini.
“Meletakkan semua telur Anda di dalam keranjang yang bukanlah milik Anda sendiri.”
- Linkedin memiliki lebih dari 433 juta anggota di seluruh dunia
- Lebih dari 25 juta profil Linkedin dilihat setiap hari
- Pendapatan kuartal pertama untuk 2016 adalah $ 861 juta
- pendapatan tahun penuh untuk 2016 diproyeksikan mencapai $ 3,7 milyar
- Microsoft membeli Linkedin untuk $ 26,2 milyar
- Pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 9 %
- Ada 105 juta pengunjung unik per bulan
- 60 % penggunanya menggunakan mobile
- Total tampilan page anggotanya secara triwulanan mencapai 45 milyar
- Job listingnya tumbuh sebesar 101 % di setiap tahun
- Ada lebih dari 7 juta lowongan pekerjaan yang aktif
- 1 dari 20 profil Linkedin milik perekrut
- 1 dari setiap 3 platform profesional di dunia ini ada di LinkedIn
- 200 percakapan per menit terjadi pada kelompok LinkedIn
Sumber statistik : Udacity.com dan LinkedIn
Sumber Infografik : Remessaged
8. WhatsApp
WhatsApp bermula dari sebuah ide sederhana, Misi mereka?
“Memastikan semua orang agar tetap berhubungan dengan keluarga dan teman dimana pun mereka berada, tanpa biaya atau penipuan.”
Ini tentang seni dimana tetap menjaga kesederhanaan dan minimalis, dan WhatsApp berhasil melakukannya dengan baik.
- WhatsApp mulai berjalan pada tahun 2009
- Facebook membeli WhatsApp dengan harga $ 19 milyar
- Penggunanya sudah lebih dari 1 milyar orang
- Ada 1 juta pengguna baru yang bergabung setiap harinya
- Ada 42 milyar pesan yang dikirim setiap 24 jam
- 32 % millennial menggunakan WhatsApp
- 1,6 milyar foto di-share setiap hari
- 250 juta pesan video dikirim dalam sehari
- Ada lebih dari 1 milyar kelompok di WhatsApp
- 57 insinyur dipekerjakan oleh perusahaan
Sumber Statistik : Whatsapp, Expandedramblings
Sumber Infografik : Metro.co.uk
9. Pinterest
Pinterest bukanlah jaringan besar yang viral namun tetap harus diperhatikan. Platform ini sangat bagus karena potensi targetnya sangat besar, yaitu para wanita serta target market dalam hal apa pun secara visual.
Termasuk desain, fotografi, fashion, dan makanan sebagai permulaannya.
- Pinterest memiliki 100 juta pengguna
- Memiliki value $ 11 milyar
- 85% pengguna Pinterest adalah wanita
- Setiap pin di repined rata-rata sebanyak 10 kali
- Pin dari Pinterest mengarahkan traffic ke 4 situs yang hit
- Pengguna menghabiskan waktu dengan rata-rata 15 menit pada Pinterest per kunjungan
- 75% traffic Pinterest datang dari mobile apps
- 50% gambar dengan berbagai warna di-share 10 kali lebih banyak dibandingkan gambar yang hanya hitam dan putih
- Gambar dengan unsur merah atau oranye di-share 200% lebih banyak dibandingkan dengan unsur warna lainnya
Sumber Statistik : Letstalksocial.com,Expandedramblings.com, Likeable.com
Sumber Infografik : Dlvrit.com
10. Periscope
Periscope sekarang menjadi perusahaan Twitter dan mungkin adalah bentuk akuisisi terbaik sampai saat ini. Tapi Facebook Live sekarang menjadi potensi ancaman yang besar. Perhatikan hal berikut ini
- Laporan terakhir angka penggunanya telah mencapai 10 juta orang di pertengahan 2015
- Periscope melahirkan lebh dari 200 juta live broadcast
- Twitter membayar $ 87 juta untuk Periscope di tahun 2015
- Terdapat 10 juta akun pada mobile app Periscope
- 75% pengguna Periscope berusia antara 16 – 34 tahun
Sumber Statistik: Expandedramblings
Sumber Infografik : Adweek.com
Bungkus Semua!
Setelah mengetahui semua fakta keren tentang social media yang disajikan dalam artikel ini, apakah Anda menyadari kebiasan apa yang berubah dari awal Anda menggunakan social media sampai saat ini?
Jejaring social apa yang Anda gunakan saat ini? Media apa yang menarik minat Anda untuk digunakan atau di-test dalam 12 bulan ke depan?
Bagikan cerita menarik Anda kepada Digitalmarkerter.id dan para pembaca lainnya tentang social media atau yang berhubungan dengan topik ini pada kolom di bawah ini!