Social Media

3 Cara Beriklan di Instagram Stories untuk Bisnis Anda

Di zaman sekarang, brand mana yang tidak memanfaatkan sosial media buat beriklan? Salah satunya, aplikasi sosial media dengan basis foto yaitu Instagram. Apakah Anda pernah beriklan di Instagram stories?

Saat ini, Instagram telah memiliki delapan juta akun yang terdaftar menggunakan Business Profile. Amerika Serikat, Brazil, Indonesia, Rusia, dan Inggris mendominasi jumlah tersebut.

Menurut Tech Crunch, kini Instagram sudah mencatatkan 1 juta pengguna aktif jasa iklannya setiap bulan. Hal ini jauh meningkat dibandingkan catatan di bulan September 2016 yaitu 500 ribu dan 200 ribu untuk beberapa tahun lalu.

James Quarles, pimpinan di direksi Instagram Ads juga menyebutkan bahwa kenaikan ini berasal dari beberapa faktor.

Mulai dari kebutuhan pengguna di dunia untuk membuka Instagram yang semakin sering, hingga cara yang mudah dan cepat untuk menggunakan jasa iklan di Instagram – dengan layanan Instagram for Business.

Para pengiklan sepertinya sadar betul dengan potensi Instagram. Saat ini, Instagram memiliki enam ratus juta pengguna aktif di seluruh dunia. 75 persen pengguna Instagram langsung bereaksi terhadap iklan di Instagram, misalnya dengan mengunjungi situs produk atau layanan tersebut.

Apakah Anda ingin menangkap peluang tersebut? Anda bisa beriklan di Instagram di Stories.

Mirip dengan Snapchat, Instagram juga memiliki fitur stories yang memungkinkan si pengguna mengunggah foto dan video kesehariannya.

Kabar bagus bagi para pemilik brand atau bisnis online, di mana, mereka dapat membuat iklan stories untuk audience yang ditarget.

Dengan fitur stories ini, brand atau pemilik bisnis dapat menjalin koneksi lebih dekat lagi dengan audience-nya.

Pada artikel ini, DigitalMarketer.id membahas 3 Cara beriklan di Instagram Stories untuk Bisnis.

Simak sampai akhir, siapa tahu Anda bisa mendapat inspirasi untuk mempromosikan bisnis Anda dengan iklan Instagram Stories.

Tentang Beriklan di Instagram Stories

Instagram Stories muncul di atas feed Instagram pengguna dan tersedia untuk dilihat selama 24 jam.

Stories terus berlanjut, maju dari cerita satu pengguna ke yang berikutnya. Instagram Stories muncul di antara stories dari dua pengguna berbeda yang Anda ikuti. Yang pasti iklan ini hanya untuk penempatan mobile, mereka tidak muncul di desktop.

beriklan di Instagram stories

Pengguna dapat mengidentifikasi iklan cerita Instagram dengan label “disponsori” kecil di bawah nama perusahaan.

Iklan ini terintegrasi dengan mulus ke dalam platform, yang merupakan keuntungan besar bagi bisnis. Label “Disponsori” teksnya sangat kecil sehingga banyak pengguna cenderung tidak menyadarinya.

Kelemahan terbesarnya adalah iklan tersebut bisa benar-benar lenyap. Tidak seperti iklan lain (dan cerita), pemirsa tidak dapat kembali menontonnya lagi.

Anda harus memastikan konten Anda benar-benar menarik sehingga dapat membuat perhatian audiens tertuju pada iklan tersbut cukup lama untuk bisa memberi dampak.

Meskipun Anda membuat iklan Instagram Stories menggunakan sistem iklan yang luar biasa Facebook (termasuk penargetan fenomenal mereka), mereka tidak seperti jenis lainnya format iklan, sehingga Anda perlu mendekati mereka dengan cara yang berbeda.

Beberapa praktik terbaik yang sangat penting untuk beriklan di Instagram stories meliputi:

  • Gunakan branding yang jelas dan besar. Karena pengguna tidak dapat melihat iklan Anda lagi nantinya, Anda perlu menyampaikannya dengan cepat dan membiarkan orang tahu apa yang harus dilakukan nanti jika memang tertarik dengan produk Anda.

Untuk membantu nama bisnis Anda menonjol, gunakan teks yang kontras dengan gambar atau video. Ini akan membantu pengguna mengetahui siapa yang harus dicari nanti.

Menggunakan branding yang jelas di Iklan Instagram Anda akan membantu pengguna mengetahui bagaimana menemukan Anda setelah iklan instagram stories hilang.

beriklan di Instagram stories

  • Pertahankan konsepnya yang sederhana. Sekali lagi, pengguna tidak dapat memundurkan atau menonton iklan Instagram stories lagi, jadi jagalah agar konsep iklan Anda tetap sederhana sehingga mudah diikuti.
  • Manfaatkan layar penuh. Tidak seperti format iklan lainnya, iklan cerita Anda akan mengisi keseluruhan layar pada telepon pemirsa. Untuk memanfaatkannya dengan maksimal, gunakan gambar vertikal full length yang bisa dipangkas di pos biasa. Anda bisa menggunakan ruang ekstra untuk memberikan informasi merek dan Call to Action (CTA).

Jenis konten apa yang akan berkinerja terbaik dengan iklan Kisah Instagram dan cara termudah menggunakannya? Berikut adalah tiga kasus penggunaan yang bekerja dengan baik dengan format iklan ini.

1: Meningkatkan Kesadaran Merk dan Produk

Meningkatkan kesadaran merk dan produk sangat bermanfaat untuk iklan Instagram stories. Hal ini sejalan dengan Reach sebagai tujuan yang Anda gunakan saat membuat kampanye.

Pilih gambar atau video yang bisa cepat menarik perhatian penggunaTampilkan juga nama brand Anda dengan cukup mencolok untuk menarik minat mereka sehingga mereka mencari bisnis Anda setelah melihat iklannya.

Target yang digunakan oleh iklan Instagram stories di bawah ini untuk menampilkan gambar sebuah boardgame, namanya, dan harganya.

Iklannya cepat dan tepat sasaran, dan gambarnya cukup menarik perhatian untuk menciptakan kesadaran produk dan membuat pengguna melihat produk tersebut setelah iklan tersebut hilang.

beriklan di Instagram stories

Anda bisa menggunakan warna kontras untuk menonjolkan nama dan harga produk di iklan Instagram stories ini.

2: Menggunakan UGC

User generated Content (UGC) adalah media pemasaran yang paling berpengaruh karena bisnis tidak membuatnya, pengguna melakukannya. Meskipun Anda tidak dapat membuatnya, Anda dapat mendorong audience agar lebih kreatif .

beriklan di Instagram stories

CTA untuk UGC adalah cara yang bagus untuk menggunakan iklan Instagram stories. Ini cepat dan langsung, dan meminta tindakan spesifik yang dapat diingat pengguna setelah iklan menghilang.

Anda bisa menggunakan iklan Instagram stories sebagai ajakan bagi pengguna untuk membuat UGC Anda.

Karena sebagian besar pengguna suka ketika ditanya tentang jenis konten yang Anda cari, ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan banyak engagement dan UGC  yang dibuat hanya untuk bisnis Anda.

3: Umumkan Diskon

Semua orang menyukai diskon, dan beriklan di Instagram Stories untuk mengumumkan diskon  adalah cara yang dapat menarik perhatian pengguna dengan cepat.

Di bawah ini Express menggunakan iklan stories ini untuk mengumumkan diskon sebesar 40% (hampir) semuanya, dan mereka menempatkan syarat dan ketentuan diskon dalam teks kecil di bawah teks pengumuman yang lebih besar.

beriklan di Instagram stories

Tidak ada yang lebih menarik perhatian seperti penawaran spesial atau diskon. Mengumumkannya dengan beriklan di Instagram stories dapat memberi motivasi bagi pengguna untuk menuju ke website Anda dan berkonversi.

Buat Iklan Instagram Stories Anda Sendiri

Untuk membuat iklan di Instagram, Anda membuatnya melalui iklan Facebook, baik melalui Power Editor atau Facebook Business Manager.

Anda harus memilih Reach sebagai tujuan Anda, yang saat ini satu-satunya tujuan aktif untuk iklan Instagram stories.

beriklan di Instagram stories

Setelah memilih halaman dan audience Anda , pilih penempatannya. Pilih opsi Edit placement, lalu klik panah bawah di samping Instagram dan pilih stories.

beriklan di Instagram stories

Di bawah materi iklan, pilih Single atau Single video. Anda tidak dapat menggunakan jenis format visual lainnya untuk iklan tersebut. Ukuran gambar yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel, atau rasio gambar yang lebih kecil dari atau sama dengan 9:16.

beriklan di Instagram stories

Anda dapat memilih format iklan Single Image atau Single Video untuk iklan Instagram stories.

Tidak seperti jenis iklan lainnya, Anda belum bisa menambahkan link ke website atau tombol CTA Anda. Sertakan apa pun yang Anda inginkan agar pengguna ketahui lewat teks ataapun gambar Anda

Lebih lengkapnya, Anda bisa simak artikel berikut ini untuk membuat iklan Instagram stories >>> Cara Membuat Iklan Instagram Stories untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Beriklan di Instagram stories adalah cara iklan baru bagi Anda para pemilik Bisnis online.

Sementara itu, Snapchat juga menawarkan iklan yang serupa, harganya terlalu mahal untuk sebagian besar usaha kecil dan menengah dan di Indonesia, pengguna snapchat lebih sedikit daripada Instagram.

Anda yang mempunyai bisnis skala kecil-menengah akan sangat bagus beriklan di Instagram karena budget iklannya bisa lebih murah. Apalagi yang memang berbisnis melalui Instagram.

Sekarang Anda memiliki (atau akan segera memiliki) kemampuan untuk menjalankan iklan video dan gambar dengan cepat dan mulus antara Stories pengguna lain di platform yang terkenal dengan engagemnet tinggi dan potensi penargetan iklan yang luar biasa.

Iklan ini dapat diakses oleh bisnis dari semua ukuran dan dapat membantu meningkatkan hasil usaha marketing Instagram Anda.

Siap untuk beriklan di Instagram Stories? Bagaimana Anda akan menggunakan Instagram stories untuk bisnis Anda? Cara penggunaan mana yang menurut Anda paling efektif? Bagikan pemikiran, pengetahuan, dan pengalaman Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini!

Write A Comment