Ketika Anda terjun ke dalam bisnis dunia online, salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan bisnis adalah engagement.
Dengan menjaga engagement, otomatis follower Anda akan merasa pilihan mereka kepada produk atau jasa yang Anda tawarkan merupakan solusi yang tepat.
Namun sebagai pebisnis yang ingin mendapatkan lebih, Anda bukan hanya perlu menjaga.
Tetapi juga perlu meningkatkan engagement.
Ada banyak cara untuk meningkatkan engagement customer di media sosial.
Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kontes.
Kontes Instagram bukan hanya membuat orang-orang akan membicarakan bisnis Anda, tetapi juga akan meningkatkan jumlah follower.
Artikel kali ini akan membahas bagaimana meningkatkan engagement di Instagram dengan mengadakan kontes.
Bukan hanya itu, Anda juga akan mengetahui tools dan tips yang membantu marketer untuk menjalankan kontes Instagram sehingga sukses.
Mari kita mulai.
Table of Contents
Langkah 1 : Ikuti Peraturan Kontes
Ketika Anda hosting atau mempromosikan segala jenis kontes, Anda harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Berikut adalah panduan untuk menjalankan kontes Instagram :
- Tidak boleh menandai konten secara tidak akurat atau meminta pengguna untuk menandai konten secara tidak akurat.
Misalnya, jangan meminta orang untuk menandai dirinya dalam foto jika ia tidak ada dalam foto itu.
- Yang perlu diketahui berikutnya adalah bahwa kontes Anda tidak terkait dengan atau didukung oleh Instagram.
Pastikan, Anda tidak sengaja membuatnya tampak seperti Instagram yang mendukung promosi Anda.
- Mengikuti persyaratan yang tepat.
Beberapa bisnis memiliki produk atau tawaran hadiah yang memiliki pembatasan usia atau residensi.
Misalnya untuk produk wine, Anda perlu menjelaskan bahwa user harus berusia 21 atau diatas umur tersebut untuk ikut berpartisipasi.
Walaupun sebagian besar panduan ini berdasarkan akal sehat, penting untuk membuat catatan dari hal ini.
Karena orang yang mengadakan kontes bisa saja lupa dalam hal pembatasan audience.
Langkah 2. Memilih Tipe Kontes
Jika anda berencana untuk mempromosikan dan mengadakan kontes di Instagram, maka Anda perlu memutuskan kira-kira tipe kontes seperti apa yang Anda pilih untuk dijalankan.
And juga harus memikirkan bagaimana hal ini dapat berjalan dan bagaimana orang-orang dapat berartisipasi.
Berikut ini ada beberapa jenis kontes Instagram yang bisa Anda pertimbangkan.
- Memberikan Comment pada Post Kontes.
Ini adalah jenis kontes yang popular pada Instagram. Di mana Anda meminta user untuk mengomentari postingan Anda.
Misalnya, Anda bertanya kepada fans apa rasa es krim favorit mereka.
Dengan mengajukan pertanyaan, akan menghasilkan engagement karena secara tidak sadar mereka ikut terlibat walaupun dimulainya dari menyukai postingan Anda.
Beauty by Earth meminta para fansnya untuk memberi like dan mengomentari postingan Instagram mereka untuk kesempatan untuk memenangkan 1 set sponge untuk mengangkat kulit mati secara gratis.
Untuk menindaklanjuti dengan pemenang kontes, perusahaan menandai pemenangnya dalam sebuah posting Instagram dengan permintaan untuk mengirimkan informasi serta kontak pribadi mereka.
- Like pada Post Kontes
Tipe lain dari kontes Instagram adalah meminta fans untuk memberikan like pada post kontes yang diiklankan.
Selain dapat menghasilkan engagement, fans cenderung untuk berpartisipasi karena mudah dilakukan.
Banyak bisnis yang lebih suka melihat interaksi yang lebih disengaja seperti memberikan komentar.
- Memposting Foto Anda Sendiri Foto Kontes
Untuk jenis kontes ini, Anda meminta fans untuk mengirimkan gambar disertai hastag kontes pada Instagram.
Anda perlu menyampaikan kepada fans untuk menyertakan hastag yang digunakan agar dapat berpartisipasi dalam kontes.
Gunanya adalah untuk memudahkan Anda untuk menemukan mereka dan memungkinkan Anda mengetahui siapa saja yang mengikuti kontes
Starbucks Red Cup Contest menghasilkan berjuta-juta engagement dan perhatian setiap tahun.
Fans diminta untuk mengirimkan foto-foto mereka pada moment red cup dengan hastag #redcupcontest.
- Kontes Gabungan
Anda juga dapat menggabungkan beberapa jenis kontes ini.
Misalnya, Anda mungkin meminta user untuk me-like posting Anda dan memberikan, atau mengikuti brand Anda dan meng-upload tulisan mereka sendiri dengan hashtag tertentu.
Perlu diingat bahwa Anda tidak ingin meminta user hanya untuk mengikuti Anda, karena Anda tidak dapat melacak action ini secara efektif dan tidak dapat dipercaya.
Langkah 3. Memilih Tool untuk Mengelola Kontes Anda
Anda akan menemukan sejumlah tools untuk mengatur, menjalankan dan mengelola kontes Instagram Anda.
Karena Instagram telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan dikaitkan dengan atau membantu mendukung kontes apapun pada platform, semua tools yang tersedia untuk mengelola kontes berasal dari perusahaan pihak ketiga.
Berikut ini adalah 3 tools untuk dipertimbangkan.
-
Gleam
Platform kontes Gleam memudahkan untuk Anda menjadi tuan rumah kontes di Instagram, dan dilengkapi dengan banyak fitur bermanfaat.
Perusahaan ini menawarkan 4 action per user dikompetisi mereka.
Interface yang mudah digunakan secara langsung. Dipadukan dengan tampilan dashboard yang jadwal kompetisinya dapat diatur saat ini atau nanti.
Hal ini memungkinkan Anda untuk menyebutkan tanggal mulai dan berakhirnya kontes Anda, mengatur syarat dan kondisi, dan menambahkan batasan umur.
Selain itu, Anda dapat menawarkan cara lain untuk berpartisipasi, memilih apa yang harus dilakukan oleh user untuk berpartisipasi dan menentukan jumlah pemenang.
Gleam memungkinkan Anda untuk menempatkan widget pada blog Anda untuk mendorong user untuk mengikuti kontes.
Anda juga dapat menangkap informasi feedback dari user, seperti nama dan alamat email.
Free plan memungkinkan Anda untuk membuat, jadwal dan menjalankan kontes.
Dengan meng-upgrade plan mulai dari $ 39 per bulan, Anda dapat menggunakan fitur tambahan seperti membatasi user berdasarkan negara, mendapatkan kontrol penuh atas widget teks dan banyak lagi.
-
Wishpond
Aplikasi Wishpond mendukung kontes photo sharing / hashtag.
Seperti Gleam, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih dimana Anda ingin kontes Anda muncul.
Anda dapat mempromosikan kontes di Facebook, di website atau blog atau fitur pada domain Anda.
Tentukan hashtag yang ingin Anda gunakan untuk kontes dan atur tindakan lain yang diperlukan untuk memenuhi syarat agar dapat menang.
Anda juga dapat memoderasi entri sebelum mereka muncul di galeri publik, yang dapat disesuaikan dengan berbagai pilihan.
Setelah kontes ini dan berjalan, Anda dapat menggunakan aplikasi analisis untuk memantau kemajuannya.
Anda dapat melihat jumlah konversi dan audience untuk kontes.
Selain itu, sangat mudah untuk mengekspor informasi. Anda juga dapat melihat semua entri dan memberhentikan kontes setiap saat.
Wishpond akan memandu Anda melalui proses setup jika Anda memiliki pertanyaan.
Ada free trial yang tersedia. harga plan mulai dari $ 44 per bulan.
Meng-upgrade plan memungkinkan Anda untuk menentukan lebih banyak pengguna sebagai admin, menangkap arahan yang lebih dan mendapatkan akses API.
-
Woobox
Woobox, seperti Wishpond, menawarkan kontes photo sharing / hastag dimana Anda meminta fans yang ingin ikut berpartisipasi dalam kontes menggunakan hastag tertentu.
Woobox memiliki fitur integrasi cross-platform dan mobile-compatible. Anda memiliki pilihan untuk mengatur pembatasan usia, manual untuk menyetujui entri, membatasi kontes untuk satu entri per customer dan mengumpulkan informasi yang valuable.
Jika Anda ingin, Anda dapat memungkinkan fans untuk menambahkan caption dan entri untuk berbagi foto mereka.
Setelah kontes berakhir, Woobox secara acak akan memilih pemenang untuk Anda (meskipun Anda dapat mengganti ini).
Anda dapat mencoba Woobox gratis. Dengan upgrade plan mulai dari $ 30 per bulan, Anda mendapatkan lebih banyak fitur.
Termasuk batas peserta yang lebih tinggi, lebih banyak halaman brand per akun dan aplikasi lebih lainnya.
Pilih dan Jalankan!
Jika Anda membaca artikel ini sampai akhir, selamat! Tandanya Anda sudah siap untuk mempraktikkan apa yang Anda ketahui sekarang mengenai cara meningkatkan engagement di Instagram melalui kontes.
Kontes Instagram bisa memberikan banyak benefit untuk bisnis Anda.
Selanjutnya? Apa yang Anda pikirkan sekarang? Sudahkah Anda mencoba untuk menjalankan kontes di Instagram? Tools apa yang Anda pilih?
Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.