Seorang pebisnis pasti menginginkan usahanya berkembang menjadi lebih baik.
Dan di jaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang menerapkan bisnis offline menjadi online.
Namun untuk mengembangkan usaha baik secara offline maupun online, seorang pebisnis juga harus memperhatikan banyak hal.
Menguasai copywriting akan membantu Anda untuk meraih hasil yang memuaskan dari penjualan.
Dalam artikel ini akan menjelaskan tentang 9 taktik promosi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan bisnis Anda.
Mari kita mulai.
Table of Contents
Copywriting & Anatomi
Jika Anda belum pernah membaca tentang Rahasia Meningkatkan Profit Hingga Jutaan Rupiah Hanya dengan Bermodal Kata-Kata, akan sedikit dijelaskan lagi pada artikel kali ini.
Apa itu copywriting?
Copywriting merupakan sebuah seni menjual sesuatu melalui tulisan. Jadi benar, semua kekuatan itu datang dari tulisan yang Anda ciptakan.
Copywriting ini tidak hanya akan muncul dengan sendirinya, namun ini merupakan salah satu kemampuan yang dapat diperoleh hanya dengan mempelajarinya.
Copywriting memiliki anatomi yang disetiap bagiannya merupakan elemen-elemen penting yang harus Anda cantumkan di setiap naskah iklan atau promosi Anda.
Elemen tersebut adalah :
- Headline
- Penawaran
- Alasan
- Bonus
- Testimoni
- Garansi
- Call To Action
- N.B (Nota Bene)
Baca juga >>> 3 Teknik Membuat Headline yang Mampu Menyentak Rasa Ingin Tahu Pembaca <<<
Anda sudah cukup mendapat wawasan singkat mengenai copywriting dan anatominya.
Pembahasan utama kita yang sebenarnya adalah bagaimana cara membuat penawaran yang mampu menarik perhatian orang banyak untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka.
Taktik Promosi
Berikut ini adalah taktik yang dapat Anda terapkan guna meningkatkan omset penjualan produk Anda.
-
Besok Harga Naik
Taktik ini digunakan untuk menjual sebuah produk atau jasa yang ekslusif.
Ditujukan kepada orang agar tidak menunda pembelian.
Karena Anda pasti tahu, orang yang menunda untuk membeli produk ujungnya tidak membeli.
Anda pernah melihat iklan property yang dibawakan oleh salah satu presenter terkenal? Maka Anda akan tahu bahwa taktik ini sering digunakan oleh perusahaan property. Biasanya presenter akan bilang, “Tanggal sekian, harga akan naik.”
Tujuan dilakukannya taktik ini adalah MEMPERBESAR CLOSING.
-
Gratis Ongkos Kirim
Taktik ini akan sangat memancing target market Anda terutama yang berada jauh dari tempat bisnis Anda.
Jika Anda menggunakan kalimat gratis ongkos kirim pada masa promo, pembeli bisa langsung akan mengambil produk yang Anda jual.
Saat Anda menggunakan taktik ini, Anda dapat mengarahkan penjualan produk ke target market yang berada di luar kota atau pulau.
Tujuan dari taktik ini juga MEMPERBESAR CLOSING.
Tapi ada yang perlu Anda perhatikan. Anda sudah harus benar-benar memperhitungkan profit bisnis yang akan Anda dapatkan.
Anda harus bisa memperkirakan harga ongkos kiriim maksimal yang diberikan. Jangan sampai omset Anda menjadi tinggi tetapi profit yang didapat sedikit, atau sama sekali tidak mendapatkan profit.
-
Voucher Rombongan
Biasanya taktik ini digunakan oleh beberapa department store dengan memberikan voucher rombongan ketika seorang customer melakukan transaksi.
Voucher potongan ini dapat digunakan untuk transkaksi pembelian berikut. Sudah sangat jelas tujuan dari taktik ini adalah agar customer kembali lagi untuk membeli produk.
Tapi disamping itu, ternyata efek dari taktik ini juga MENDATANGKAN PROSPEK BARU untuk ke depan. Darimana datangnya prospek baru? Bisa jadi dari teman atau keluarga customer yang mendapat voucher potongan yang Anda bagikan.
Sudah pasti hal ini membawa keuntungan bukan?
-
Upload Foto, Dapatkan Kupon
Dewa Eka Prayoga, seorang pakar selling dan Business Coach menggunakan taktik ini untuk produknya berupa makanan.
Ia menceritakan, setiap pengunjung atau pembeli yang mengambil foto makanan plus dirinya lalu mengupload fotonya di akun sosial media dengan mention akun perusahaan, maka ia akan secara langsung mendapat kupon.
Kupon ini bisa ditukar dengan produk gratis atau mendapat potongan harga tertentu.
Tujuan dari penggunaan taktik ini adalah MENDATANGKAN PROSPEK BARU dengan kekuatan viral yang luar biasa.
-
Coba Gratis
Ada diantara Anda yang pernah ikut webinar? Kalau pernah sebenarnya Anda telah terjaring dalam taktik yang satu ini.
Coba gratis merupakan sebuah taktik jitu memancing orang untuk penasaran dengan apa yang akan disampaikan oleh seseorang.
Taktik ini dapat digunakan untuk produk dan jasa.
Pastikan produk atau jasa Anda benar-benar berkualitas, sehingga orang-orang yang sudah mencoba akan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda kembali.
-
Paket Super Murah
Anda sering berkunjung ke Mc Donald atau KFC? Maka sudah pasti Anda akan meihat menu-menu yang terpampang di dinding bagian atas.
Tapi ternyata, bukan menu itu saja yang ditawarkan. Pramusaji akan menawarkan Anda beberapa menu pilihan yang “all in one”.
Yang dimaksud all in one adalah menu lengkap berupa makanan, minuman, bahkan hidangan pencuci mulut.
Tujuan dari taktik ini adalah untuk MEMPERBESAR RATA-RATA PENJUALAN.
Dengan adanya paket maka orang akan cenderung membandingkan harga dan value yang didapatkan.
Orang akan cenderung mengambil paket karena mereka lebih suka hal yang simple.
-
Tinggal Sedikit Lagi
Taktik ini bisa Anda lakukan hanya ketika stok produk Anda benar-benar tinggal sedikit.
Yang menjadi pertanyaan, tinggal sedikit itu tepatnya berapa? Tidak ada yang tahu pasti kecuali Anda.
Disinilah kecerdikan Anda melakukan promosi.
Jika stok produk Anda di bawah 10 buah, maka sebutkan angkanya. Misal, “Tinggal 7 lagi”, “Tinggal 5 lagi”, atau “Tinggal 3 lagi”.
Tapi jika stok Anda lebih dari 10, sebaiknya gunakan kalimat “Tinggal sedikit lagi”. Ini akan menimbulkan efek ambigu bagi calon pembeli.
-
Jual Rugi
Dalam taktik ini, Anda membuat penawaran yang “seakan-akan”merugikan Anda dan membuat customer rugi jika tidak membelinya sekarang juga.
Intinya, kedua belah pihak akan merasa rugi.
- Penjual rugi karena tidak akan menjual produk itu lagi.
- Pembeli rugi karena tidak membeli secepatnya.
Anda bisa menggunakan kalimat “Tidak akan diproduksi lagi”, “Hanya diadakan 1 kali seumur hidup”, “Tidak akan dijual lagi”, dan sebagainya.
Intinya, buat target market Anda benar-benar membeli produk Anda hari itu juga.
Anda perlu memikirkan baik-baik jika ingin menerapkan taktik ini. Karena, taktik ini hanya bisa digunakan dalam waktu singkat atau hanya seketika saja.
-
Produk Berseri
Taktik ini akan membuat orang untuk mengoleksi produk yang Anda jual. Contohnya adalah buku seperti novel seri atau komik.
Orang cenderung mengoleksi novel atau komik dari edisi pertama sampai akhir. Mengapa? Karena orang cenderung penasaran dan menyukai novel atau komik tersebut.
Anda dapat gunakan taktik ini untuk mempromosikan produk Anda.
Buatlah produk berseri. Saat Anda mempraktikkan taktik ini, seringkali orang akan membeli produk Anda bukan karena kebutuhan, tetapi karena ingin mengoleksi produk Anda saja.
Tentukan Taktiknya, Langsung Praktikkan
Jika Anda membaca sampai akhir artikel ini, tandanya Anda sudah menambah wawasan lagi untuk mengembangkan bisnis Anda.
Sekarang Anda tinggal memilih, kira-kira taktik apa yang cocok dengan jenis bisnis yang akan Anda jalani (atau sedang Anda jalankan) saat ini.
Jangan takut untuk gagal, tetapi takutlah jika Anda tidak mencoba sama sekali. Takutlah jika Anda menjadi tidak sukses, dan teruslah memiliki rasa haus untuk berkembang.
N.B >>> Artikel ini diolah berdasarkan buku Easy Copywriting, Contek Abis Sampai Laris. Karya Dewa Eka Prayoga <<<
Ingin belajar copywriting langsung dengan Hingdranata Nikolay, Master of NLP? Ikuti seminar Platinum Copywriting. Kamu hanya perlu KLIK DISINI >>
Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarketer.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.