Menjual jasa secara online sangatlah berbeda ketika Anda menjual produk.
Ada proses yang terpisah, teknik marketing dan prinsip desain web yang harus Anda ikuti.
Oleh karena itu Anda tidak bisa menggunakan style yang sama persis saat Anda menjual jasa secara online.
Anda juga harus paham tentang kelebihan dan kekurangan dari industry jasa.
Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya,
“Nah, perusahaan saya menyediakan jasa. Gimana caranya menjual jasa secara online ya?”
Untuk menjawab pertanyaan ini, hal yang paling pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun sebuah website.
Setelah itu, dengan ide-ide desain web yang tepat, Anda bisa sukses menjual jasa secara online.
Artikel kali ini akan memberikan tips desain web yang jitu untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan web Anda.
Mari kita bahas!
Table of Contents
Menjual Jasa Secara Online Lebih Mudah dengan Tips Desain Web Berikut ini!
-
Perkenalkan Diri Anda
Kalau Anda menjual produk, sudah pasti orang akan lebih fokus pada produk yang Anda tawarkan.
Tapi kalau Anda memasarkan jasa, Anda harus bisa membuat orang-orang atau calon customer berfokus pada diri Anda atau tim yang menyediakan jasa.
Mengapa? Karena mereka-mereka inilah bagian utama dari bisnis jasa Anda.
Di website, Anda harus membuat orang-orang Anda memancarkan sinarnya.
Ciptakan page “About Us” yang isinya tentang cerita personal setiap anggota tim Anda dan cantumkan mengapa mereka adalah orang yang tepat untuk memberikan service kepada calon customer.
Dalam menjual jasa secara online, foto yang berkualitas tinggi dari staff Anda atau tempat kerja Anda akan mendukung kegiatan marketing bisnis Anda.
Hal kecil seperti ini akan menumbuhkan trust pada orang-orang dan calon customer Anda.
Sebelum customer menginvestasikan uang mereka ke dalam sebuah layanan jasa, mereka pastinya ingin tahu terlebih dulu siapa saja yang akan mengurus orderan mereka.
Kalau Anda membangun usaha bisnis jasa dengan misi, masukkan pernyataan misi tersebut di website Anda.
Yang perlu diingat adalah, goal Anda harus jelas dan konsisten.
Berkaitan dengan hal ini, membangun personal brand juga penting.
Semakin bagus personal brand Anda, maka semakin mudah untuk meyakinkan orang yang berpotensial menjadi customer Anda.
Jelaskan kenapa Anda menciptakan bisnis jasa yang Anda jalankan dan apa yang membedakan Anda dari competitor lainnya.
Seperti yang sudah dikatakan pada bagian awal, memberikan fokus pada orang-orang yang bekerja pada perusahaan Anda adalah cara yang efektif untuk membuat customer memilih Anda dibanding competitor.
-
Buat Testimonial Anda Jelas dan Transparan
Saat Anda menjual produk, Anda bisa dengan mudah membandingkan barang Anda dengan barang yang sejenis di market.
Calon customer bisa melihat-lihat dan menyentuh barang serta langsung membandingkan 2 barang.
Sedangkan untuk membandingkan service atau layanan, itu ga mudah men!
Orang harus percaya dulu kalau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan janji dan konsisten.
Pastikan kalau Anda memberikan layanan atau service berkualitas tinggi, tujuannya adalah untuk mendapat review yang positif.
Anda perlu ingat, satu review yang negatif bisa menjatuhkan bisnis Anda.
Sekali Anda mendapat review yang positif dan customer memberikan testimoni, publikasikan di satu tempat di web Anda.
Ketika orang ke web dan melihat review serta testimoni, mereka akan memberikan tanggapan pikiran yang positif.
Seperti, “Oh, banyak yang bilang bagus nih.” Atau “Banyak yang puas, berarti servicenya bagus nih.”
Review yang positif bisa menunjukkan kepada calon customer bahwa mereka tidak membuang uang ketika menginvestasikannya di brand Anda.
Karena semua testimoni positif tentang jasa layanan atau service Anda meminimalkan ketakutan dan keraguan mereka.
Review yang positif harus ditampilkan secara jelas dan transparan, tidak ditambah-tambah atau dikurangi.
-
Maintain dan Update Web
Cara lain untuk menumbuhkan trust adalah dengan memaintain dan mengupdate web Anda.
Web yang update akan menunjukkan kalau bisnis Anda tidak ketinggalan jaman karena informasi terus mengalir masuk ke web.
Siapa yang mau berinvestasi di website yang belum diupdate atau tidak ada konten baru dari tahun lalu? Ga ada!
Kalau isinya tidak diperbarui, kemungkinan metode bisnisnya juga ketinggalan jaman.
Ini tantangan lainnya untuk Anda yang punya web yang menjual jasa secara online.
Yes, maintain. Seperti yang kita tahu, itu tidak gampang karena bisa memakan waktu Anda.
Mengotomatiskan postingan, merupakan sebuah cara untuk memastikan kalau web Anda termaintain dengan baik dan menjaganya tetap update untuk para subscriber.
Ini bisa menghemat waktu dan energi Anda, juga meminimalisir stress.
Tinggal mengatur jadwal untuk mempublikasikan konten Anda secara otomatis ke web Anda dan social media yang Anda gunakan untuk memasarkan bisnis jasa.
Pembaca akan mengapresiasi updatean Anda dan bisa mengubah mereka menjadi sales.
-
Bersosialisasi!
Social media adalah sales tool yang bagus untuk memasarkan bisnis jasa.
Menjual di social media merupakan jalan yang bagus untuk memulai sebuah obrolan dengan customer yang potensial.
Anda menjadi lebih dekat dengan mereka karena menunjukkan kepribadian Anda.
Buat platform social media supaya bisa menjangkau target audience.
Gunakan Facebook, Instagram, Twitter atau Snapchat Anda sebagai sebuah sumber untuk berbagi informasi tentang industry Anda.
Post secara teratur, gunakan gambar yang relevan dan lampirkan web Anda dengan akun social media Anda.
Dengan menggunakan social media, Anda bisa mendapat pandangan baru dari pembeli Anda dan belajar lagi apa hal yang penting untuk mereka.
Ini penting ketika waktunya untuk menjual layanan Anda!
Anda harus memasarkan bisnis jasa Anda sebagai solusi atas kebutuhan customer.
Setelah Anda tahu dan paham apa yang menjadi kebutuhan customer, Anda bisa menggunakan social media marketing campaign.
Membuat akun social media bukan satu-satunya cara untuk memasuki pasar.
Iklan berbayar di social media juga bisa mem-boost penjualan.
Catatan : pilih social media yang sering digunakan oleh audience atau gunakan remarketing.
Tujuan dari remarketing adalah menunjukkan iklan ke customer yang mengunjungi web tapi tidak melakukan pembelian.
-
Menggunakan Images yang Beresolusi Tinggi
Kalau Anda berpikir images yang punya resolusi tinggi itu hanya untuk web bisnis yang menjual produk, Anda salah!
Menurut Brain Rules, ketika customer mendapatkan sebuah informasi, mereka hanya akan ingat sekitar 10%nya saja.
Tapi kalau informasi tersebut digabungkan dengan images yang relevan, maka tingkat pesan informasi yang bertahan dalam pikiran mereka mencapai 65%.
Menolak untuk menggunakan images di web Anda? Artinya Anda siap untuk kehilangan peluang untuk memberikan impression yang positif ke pengunjung Anda. Tapi images seperti apa yang bisa Anda gunakan?
Misalnya Anda menyediakan serta menjual jasa secara online yang berkaitan dengan desain web, sertakan juga images dari orang yang terlihat senang setelah menggunakan jasa Anda dan kumpulkan hasil akhir yang positif.
Gunakan stok images yang sudah ada kalau Anda mau. Tapi foto dengan resolusi tinggi cenderung bekerja lebih baik untuk customer saat ini.
Taruh images Anda di bagian atas dari web Anda untuk menaik potential customer.
Menambahkan images ke web juga membuat posisi Anda di hasil pencarian pada Google akan naik.
Images juga bagus untuk SEO dan meningkatkan brand awareness.
-
Jaga Desain Web Anda agar Tetap Fresh
Coba posisikan diri Anda sebagai pengunjung, ketika Anda mampir ke sebuah web yang tampilannya lusuh dan tidak teratur kebanyakan dari Anda pasti akan langsung out.
Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi dengan web Anda kan?
Oleh karena itu, penting untuk menjaga desain web Anda tetap rapi, terlihat modern dan fresh!
Pastikan kalau web Anda juga mobile-friendly dan terhubung ke akun social media Anda.
Mendesain ulang web Anda bisa memakan waktu, tapi semua investasi Anda akan terbayar. Orang akan melihat brand Anda.
Jangan jadi perusahaan jasa yang membuat orang-orang langsung keluar dari web Anda karena kecepatan loading yang jelek, tampilan yang berantakan dan kurangnya elemen desain.
Optimasikan setiap bagian dari web Anda untuk memastikan kalau pengunjung betah di page Anda lebih dari hitungan detik.
Segera Praktikkan!
Kita sudah masuk ke bagian akhir dari artikel dan selamat! Wawasan Anda bertambah lagi.
Jadi sekarang ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berbisnis. Tidak hanya pebisnis yang punya produk, tapi pebisnis yang usahanya berbentuk jasa juga bisa ikut masuk ke dunia digital online.
Yang perlu dilakukan sekarang adalah praktikkan semua tips yang Anda dapatkan dari artikel ini.
Jangan biarkan semua wawasan baru terkubur tanpa dijadikan tindakan. Kita tidak menebak, siapa tahu di akhir proses yang Anda mulai jalankan dari sekarang berbuah manis.
Selamat mempraktikkan dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!
Anda memiliki pertanyaan atau kendala saat menjual jasa secara online? Atau punya cerita menarik berhubungan dengan topik ini?
Sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.