Kehadiran TikTok menambah daftar media sosial yang memiliki potensi membantu Anda memasarkan dan mengembangkan bisnis di Indonesia secara online. TikTok menjadi sebuah fenomena seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, walaupun sebelumnya TikTok mendapat sambutan tidak menyenangkan lantaran hanya menunjukkan video anak muda joget yang dianggap tidak mendidik dan berbeda dengan budaya Indonesia.
Namun, seiring dengan makin beragamnya konten yang TikTok hadirkan serta jumlah pengguna yang kian banyak, tentu menjadikan media sosial ini sebagai media promosi yang potensial untuk promosi bisnis. Bagi Anda yang mulai melirik iklan TikTok untuk pemasaran, simak 10 strategi berikut ini untuk Anda terkait TikTok marketing.
- Kenali Cara Kerja TikTok
TikTok adalah platform media sosial yang fokus pada sharing konten video. Dimana setiap video berdurasi 15 detik dan dapat digabung menjadi 60 detik. Platform ini bisa jadi sarana untuk promosi produk bisnis. Yaitu dengan membuat sebuah video produk, lalu tambahkan efek video dan latar musik yang dapat menarik audience. Nantinya, pengguna TikTok bisa memberi komentar, like, bahkan share video produk tersebut. Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin tinggi peluang Anda dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. Selain itu, dengan engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram, TikTok tentu cocok untuk membangun brand awareness produk dengan lebih optimal.
- Buat Ide-Ide Kreatif Untuk Video TikTok
Sebenarnya membuat ide kreatif video TikTok tidak jauh beda dengan saat akan membuat konten blog. Anda bisa mencoba tool seperti Ubersuggest untuk tahu tren kata kunci yang sesuai kebutuhan audiens atas produk bisnis Anda. Lalu, jadikan saja sebuah konten. Cara lainnya, Anda bisa bertanya pada audiens melalui postingan di media sosial atau melakukan polling atas beberapa topik pilihan yang disukai. Namun, pada dasarnya, ide konten TikTok untuk bisnis tentu biasanya seputar product launching, tutorial, dan hashtag challenge.
- Gunakan Hashtag Dalam Video-Video Kamu
Ingin strategi marketing TikTok Anda berhasil? Jangan pernah lupa untuk menggunakan hashtag pada setiap video yang Anda buat. Pihak TikTok sendiri mengatakan bahwa hashtag, bagian dari informasi video, menjadi rujukan untuk kasih rekomendasi video kepada pengguna lain. Tapi, jangan sembaran hashtag juga, ya. Gunakan yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda.
Misalnya, untuk konten tutorial memasak, Anda bisa menambahkan hashtag #tutorialmemasak atau #reseprahasia. Dengan hashtag itu, akan semakin banyak orang tahu promo Anda, dan kenal produk bisnis Anda dengan lebih baik, bukan?
- Melakukan Kolaborasi dengan Influencer
Meski terbilang berlebihan, faktanya daya pikat influencer buat membius pengikutnya menggunakan suatu produk itu cukup berhasil. Tak heran, 86 persen marketer mempercayakan influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.
Salah satu contohnya adalah brand jam tangan Daniel Wellington berhasil meningkatkan penjualan sampai 4700 persen hanya dalam tiga tahun saja. Mantap, kan? Itu semua berkat influencer lho. Yang penting dalam strategi ini, pilih influencer yang sesuai dengan target audiens dan tujuan promosi Anda.
- Konsisten Untuk Melakukan Posting Konten
Ketika Anda mengupload video, follower Anda akan melihatnya. Lalu, ketika mereka menyukainya, akan ditampilkan juga di halaman follower pengguna itu. Semakin banyak like, video Anda bisa jadi akan ditampilkan masuk ke halaman for you page. Bayangkan kalau hal itu terjadi setiap hari. Tujuan membangun brand awareness yang kuat tentu semakin mudah tercapai, bukan?
- Jangan Abaikan Kolom Komentar
Menanggapi komentar dan menjawab pertanyaan audiens di sebuah posting tak kalah penting. Apalagi, hal inilah yang dapat meningkatkan engagement akun Anda.
Namun, apakah berarti semua komentar harus dibalas?
Tentu saja tidak. Pilihlah yang paling memberikan informasi positif terkait produk Anda saja. Selain itu, jangan ragu berkomentar di postingan pengguna lain karena dapat meningkatkan brand awareness Anda. Alasannya, saat Anda berkomentar di postingan orang lain dan mendapatkan like, nama brand Anda bisa saja berada di urutan komentar teratas. Begitulah algoritma yang diterapkan TikTok.
- Buatlah Hashtag Untuk Setiap Challenge
Hashtag challenge ini terbilang cukup efektif untuk mempromosikan produk bisnis. Sebab, untuk ikut serta dalam sebuah challenge, kreator TikTok perlu memiliki produknya lebih dulu. Jika video-video challenge tersebut terlihat keren, orang yang melihatnya akan tertarik untuk membuat video challenge serupa. Artinya, akan semakin banyak orang yang membeli produk, bukan?
- Manfaatkan Fitur TikTok Ads
Tidak mau ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan layanan iklan berbayar lho. Anda mau menjangkau target audiens lebih cepat? TikTok menawarkan empat jenis produk iklan:
- InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna scroll feed
- Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge
- Branded Effect/Filter : filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
- Brand Takeover: iklan eksklusif berupa foto, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.
Dari keempatnya, InFeed Ads adalah yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini juga yang paling menguntungkan kok. Alasannya, selain budget untuk memasang iklan relatif kecil, iklan itu nantinya akan muncul di feed audiens. Bahkan, untuk membuat iklan semakin optimal, ada pilihan penargetan minat dan penargetan perilaku. Sebenarnya, penargetan minat ini mirip seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Jadi, iklan cuma ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda
- Data Driven Result : Lihat Data di TikTok Ads
Nah, jika menggunakan TikTok Ads, Anda akan mendapatkan data tersebut. Selanjutnya, Anda bisa melakukan analisa apakah promosi berjalan dengan baik. Caranya adalah
- Klik menu Analytics pada Akun TikTok Anda.
- Lalu klik “view analytics” untuk melihat hasil analytic setiap postingan Anda.
TikTok juga memiliki fitur Followers Analytics, yang bisa memberikan Anda lihat tentang perilaku followers Anda. Mulai dari konten seperti apa yang sering ditonton, kapan waktu mereka online, dan lainnya. Sehingga Anda bisa membuat konten-konten yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan Anda.
- Manfaatkan Fitur “Live” pada TikTok Anda
Content Creator kini banyak bisa ditemui dalam sosial media apapun, Anda bisa memilih berbagai macam cara untuk membuat toko Anda juga ramai di media sosial, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur live streaming di Tiktok yang membuat banyak orang untuk berinteraksi langsung dengan Anda.
Apabila Anda adalah pengguna baru Tiktok dan ingin memasarkan produk anda, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membuat live streaming agar banyak penonton. Yuk simak dibawah ini:
- Perkirakan kapan waktu terbaik anda untuk live streaming di Tiktok, untuk live streaming, sebaiknya anda memikirkan kapan jam siaran yang terbaik untuk mendapatkan penonton yang banyak ketika sedang live.
- Durasi live jangan terlalu lama. Apabila Anda memutuskan untuk live streaming produk Anda, lebih baik tidak melebihi 30 menit karena penonton yang menonton live anda bisa saja bosan.
- Gunakan diskon dan promosikan barang jualan Anda. Promosikan barang Anda dengan cara menampilkan barang yang anda jual dan sebutkan kelebihan serta berilah diskon apabila ada penonton live streaming Anda yang memutuskan untuk membeli langsung produk Anda.
Perlu diketahui, konten memiliki peranan penting dalam proses promosi produk, jasa, layanan, atau bisnis Anda. Hanya konten yang otentik, menarik, dan kreatif, yang bisa mencuri perhatian audiens dan membuat mereka jadi mengenal bisnis Anda melalui konten-konten tersebut.
Sementara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, terutama pelanggan dari kalangan generasi milenial, TikTok merupakan platform untuk promosi yang tepat. Hal ini karena pengguna TikTok memang kebanyakan dari kalangan generasi Z.
Hal terakhir yang akan Anda dapatkan kalau menerapkan strategi TikTok marketing untuk mengembangkan bisnis adalah konten promosi yang Anda buat secara soft selling dan unik akan jauh lebih mudah viral di TikTok. Nah, tertarik menggunakan TikTok sebagai media pemasaran online? Tunggu apa lagi! Langsung eksekusi saja ide brilian Anda dalam hal mempromosikan usaha dan semoga pelanggan Anda terus bertambah jumlahnya.