Content

Kapan, Bagaimana, dan Di Mana Mempromosikan Konten Pada Media sosial?

Suatu proses marketing membutuhkan begitu banyak ide, konsep, proses editing, desain visual, publikasi, promosi dan mengukur tingkat keberhasilan.

Promosi hanyalah salah satu bagian dari proses tersebut, tetapi hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang kompleks. Anda bisa mempelajari kapan, bagaimana dan di mana untuk promosi di media sosial. Hal tersebut membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan pengujian. Anda bisa mempelajarinya melalui artikel berikut ini.

Kapan Harus Mempromosikan Konten di Media Sosial?

Pertanyaan tersebut dapat membuka sebuah pintu jawaban yang sangat besar. Biasanya seorang marketer memiliki kecenderungan fokus terhadap sesuatu yang spesifik dan lupa dengan sesuatu yang lebih general (seperti jika semua mempublikasikan pada waktu yang bersamaan, media sosial akan terasa membosankan).

Berikut ini sesuatu yang bisa Anda pertimbangkan tentang kapan harus mempromosikan konten di media sosial.

1. Pada hari yang sama saat mempublikasikannya
Yang satu ini cukup jelas. Ketika Anda ingin mempromosikan atau berbagi konten baru pada channel media sosial segera lakukan setelah Anda selesai membuat konten tersebut.

2. Promosikan lagi sehari setelahnya
Jangan takut untuk berbagi konten Anda di media sosial lebih dari sekali. Silakan promosikan dan berbagi lagi keesokan harinya. Karena, tidak mungkin bahwa semua pembaca Anda, selalu dapat melihat langsung konten Anda ketika waktu pertama kali Anda mempostingnya.

3. Berbagi konten lagi seminggu kemudian
Minimal, Anda bisa tiga kali berbagi konten Anda satu minggu kemudian. Jangan mencemaskan oversharing, terutama pada tingkat ini. Tidak mungkin bahwa semua audiens Anda akan dapat menyadarinya.

4. Berbagi konten yang banyak dorong sampai batasnya
Disarankan bagi Anda untuk tidak terlalu sering berbagi konten yang sama. Tetapi Anda bisa mencoba untuk berbagi konten yang sama sampai sebatas konten tersebut tidak lagi menunjukkan perkembangan. Berikut ini Coschedule melipat gandakan traffic-nya dengan memposting konten yang sama sebanyak 9 kali dalam 7 hari.

Bagaimana Mempromosikan Konten Anda di Media Sosial

Ada 3 cara untuk mempromosikan konten Anda di media sosial. Berikut cara-cara tersebut.

1. Gunakan tampilan visual
Rata-rata foto di Facebook menghasilkan 53 persen lebih “Like”. YouTube mendapat lebih dari 4 juta penonton sehari. Pengguna aktif harian di Instagram melampaui telah Twitter. Orang lebih menyukai tampilan visual. Sederhananya, tambahkan sebuah grafik atau video pada setiap posting-an di media sosial. Sebagai contoh, berikut ini sebuah tampilan visual dari duniafitnes.com yang dapat menarik para pembaca.

Infografik-5-Langkah-Menjaga-Makanan-Tetap-Aman

2. Uji headline yang berbeda
Sebuah headline yang kuat dapat membuat perbedaan antara ribuan orang yang akan mengklik posting Anda dan hal tersebut akan benar-benar diperhatikan. Cobalah untuk menguji headline yang berbeda setiap kali Anda berbagi konten.

Tidak hanya akan memberikan beberapa pandangan terhadap headline mana yang bekerja lebih baik, hal tersebut juga akan membuat sesuatu yang tetap segar untuk audiens Anda. Audiens Anda tidak akan mudah bosan dengan posting Anda ketika headline tersebut Anda bagi.

3. Sesuaikan pesan untuk setiap platform

1433261622_gary-vee-context
Jika Anda tidak menyesuaikan pesan Anda untuk setiap channel media sosial, Anda melakukan sebuah kesalahan. Setiap saluran memiliki nuansa dan keunikannya sendiri.

Anda harus memahami perbedaan dan menghormati media-media sosial tersebut untuk benar-benar membuat suatu dampak bagi audiens Anda. Berikut ini sebuah contoh brainstorming beberapa pesan pada setiap media sosial.

socialdonuts

Di Mana Mempromosikan Konten Anda di Media Sosial?

Jawabannya mungkin tampak jelas. Di mana Anda harus mempromosikan konten pada media sosial? Hmm, di media sosial. Ya Anda benar. Tapi ada yang lebih dari itu. Yang dimaksud di sini adalah letak atau sasaran promosi konten Anda.

1. Berbagi dengan network Anda
Jangan lupa untuk berbagi konten secara langsung dengan audiens Anda. Jika Anda tidak melakukan apa-apa lagi, lakukan hal tersebut. Posting konten Anda di setiap channel media sosial Anda agar terlihat selalu aktif.

2. Berpartisipasi dalam kelompok
Platform seperti LinkedIn, Facebook dan Google+ memiliki komunitas dan kelompok yang cukup erat. Jika Anda aktif berpartisipasi dalam sebuah diskusi di media sosial, jangan ragu untuk berbagi konten Anda di situ. Pastikan untuk selalu menghormati pedoman atau aturan komunitas tersebut. Lakukan sebuah ke percakapan, jangan hanya spam link anda.

3. Manfaatkan profil Anda
Jika Anda memiliki bagian khusus dari konten yang Anda ingin mempromosikan, memanfaatkan profil Anda. Anda bisa menempatkannya pada cover Facebook.

densan

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan suatu link konten pada bio di profil Twitter Anda

1433261657_Screenshot 2015-04-25 15.12.13
Anda telah bekerja keras membuat konten Anda, jadi jangan terlalu takut untuk posting konten Anda atau terlalu mengkhawatirkan over promosi konten Anda. Beberapa cara di atas telah memberikan beberapa gambaran yang lebih baik tentang kapan, bagaimana, dan di mana mempromosikan konten di media sosial. Apakah Anda telah menerapkannya pada media sosial Anda? DigitalMarketer.id sangat antusias untuk mendengar pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Write A Comment