Content

Cara Membuat CTA untuk Sosial Media yang Sulit Ditolak

Dengan lebih dari 4,75 milyar konten di shared setiap hari di Facebook saja, bagaimana konten Anda bisa terlihat oleh audience?

Dan lebih dari itu, bagaimana Anda mendorong audience untuk melakukan action yang Anda inginkan?

Sementara itu, visibilitas konten dan keterlibatan dengan audience sulit untuk didapat, sebenarnya jawabannya sederhana yaitu lebih spesifik.

Karena tanpa Call to Action (CTA) yang jelas , fans dan follower Anda di sosial media tidak memiliki arah.

Haruskah mereka berkomentar, klik, like, share, tweet? Atau apakah mereka hanya membaca dan pindah begitu saja?

Kemungkinan besar, yang terakhir ini terjadi pada Anda.Untuk itu Anda perlu membuat CTA untuk sosial media yang mengarahkan audience Anda, apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Pada artikel ini ada 5 elemen dalam membuat CTA untuk sosial media yang sulit ditolak. Tambahkan beberapa dari 5 elemen tersebut, masing-masing elemen akan meningkatkan posting sosial media Anda.

Konten yang Menarik dalam membuat CTA untuk Sosial Media Anda

Jika Anda berencana menggunakan CTA untuk:

  • Meningkatkan keterlibatan di sosial media
  • Mengarahkan Traffic ke website Anda
  • Mengkonversi pembaca menjadi pembeli
  • Hidupkan penggemar dan pengikut dalam seumur hidup, penggemar mengoceh

Konten adalah faktor yang paling penting.

Dan bukan sembarang konten, tapi konten yang selaras dengan tujuan bisnis Anda.

Jadi bagaimana Anda menentukan jenis konten yang harus Anda share di sosial media?

Ada tiga jenis utama dari konten yang dapat dibuat di sosial media Anda.

  1.  Konten yang Mengedukasi

Ini adalah pilihan nomor satu content marketing untuk sebagian besar usaha Business to Business (B2B) dan Business to Consumen (B2C).

Bisnis Anda memiliki siklus penjualan yang panjang? konten edukasi dapat diterima prospek Anda melalui proses pertimbangan.

Bagi konten yang membantu pembaca Anda mengevaluasi pilihan mereka. Hal ini juga harus meningkatkan pengalaman di sekitar bisnis Anda.

  1. Konten yang Menghibur

Orang suka sesuatu yang menghibur. Dari konten yang berbentuk Gif untuk Meme, jenis konten menjadi salah satu yang banyak dibagi di media sosial.

Konten ini biasanya melibatkan video, komik, dan gambar. Itu akan menghibur dan menarik secara visual. Konten jenis ini akan banyak di like, dibagikan, dan sering menjadi konten yang paling menarik di sosial media.

  1. Konten utilitas

konten utilitas membantu audience Anda melakukan hal-hal tertentu dan membuat keputusan yang tepat. Jenis konten ini tidak menceritakan kisah, tapi memberikan pengguna sepertti sebuah alat untuk mendapatkan sesuatu dari titik A ke B.

konten utilitas adalah apa yang fans dan follower harus membuat keputusan.

Jadi, jenis konten mana terdengar paling menarik untuk audiens Anda?

Tujuan Anda adalah untuk memilih salah satu dan membuat konten unik yang Anda akan bagi dengan audience Anda.

Pilih dari daftar di bawah ini:

  • grafis kutipan
  • gif
  • Video
  • meme

Dan saat Anda sedang menciptakan konten, ini harus pergi tanpa berkata. Sebelum Anda posting, mengambil beberapa menit untuk membacanya lebih.

Setiap konten  yang punya kesalahan ketik (typo) dan kesalahan tata bahasa akan tidak efektif.

Membuat CTA untuk Sosial Media

Bahkan jika informasi yang sebenarnya berharga, banyak kesalahan akan membuat Anda terlihat ceroboh. Hal ini akan membuat bisnis Anda terlihat ceroboh dan tidak profesional.

Itulah mengapa penting untuk terus mengecek atau kalo perlu menggunakan editor review dalam membuat CTA untuk sosial media.

Jangan pernah publish sampai setiap bagian dari konten itu ditinjau terlebih dahulu, apakah:

  • Berhubungan dengan audience?
  • Flow nya sudah jelas?
  • Sudah bagus/kuat untuk berpengarung pada audience?

Konten yang Ringkas

Ingin menarik perhatian di sosial media? Anda bisa langsung menyampaikan apa yang Anda maksud (to the point).

Jangan bertele-tele dan simpan konten yang lebih lengkap di website Anda. Di sosial media, Anda berbicara apa yang disebut dengan, “sound bite.”

Ini adalah cuplikan yang menyoroti sebuah topik dan inti dari apa yang ingin  Audience Anda lakukan. TV juga mengaolikasikan ide yang sama.

Anda sedang menonton acara favorit Anda lalu ada iklan untuk acara berita malam.

Apakah mereka memberikan rincian lengkap atau panjang pada iklan tersebut? Tentu saja tidak. Sebagai gantinya:

Mereka menarik Anda dengan sebuah highlight untuk memancing rasa ingin Anda. Mereka memberi Anda teaser saja, padahal Anda ingin yang lengkap!

Itulah yang CTA di sosial media Anda harus lakukan. Berikan hanya untuk menarik perhatian.

Mengapa? Karena terlalu banyak kata-kata bisa membuatnya tidak efektif. Tapi jumlah yang tepat dapat mengonversi pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Berikut contoh grafis dari MOZ yang direvisi 6 kali. Mudah untuk melihat mana yang memiliki click-through-rate tertinggi.

Membuat CTA untuk Sosial Media

Cara Menggunakan Ide ini di Bisnis Anda

Di sosial media, orang-orang bergerak cepat. Mereka melirik konten dan lalu pindah dengan cepat.

Jika Anda ingin menarik minat mereka, tetap rapi. Gunakan tool seperti LetterCount.com untuk menulis posting Anda.

Mulailah dengan draft pertama Anda, menghitung jumlah huruf Anda (karakter).

Hapus kata-kata yang lemah atau modifikasi agar lebih berkontribusi pada salinan Anda. Sebagai contoh: benar-benar, pasti, mungkin, mungkin, sayangnya, namun.

Itu tidak berguna  dan tidak akan berpengaruh untuk dampak keputusan audiens Anda.

Berikut adalah Contohnya:

Bagaimana Jika Anda menulis quote dari seseorang seperti ini ,“Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia mungkin adalah hobi yang dibayar .”

Daripada,”Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar.”

Kata mungkin, membuat quote tersebut menjadi  tidak Jangan melakukan hal yang sama dalam membuat CTA untuk sosial media.

Anda memiliki waktu yang cukup singkat dan ruang terbatas untuk menyampaikan gagasan utama Anda. Pastikan kata-kata yang Anda gunakan dalam membuat CTA untuk sosial media mempunyai dampak.

Membuat CTA untuk Sosial Media

Menghitung jumlah Huruf

Jadi, berapa jumlah karakter yang ideal untuk sosial media?  Berikut panjang karakter ideal pada beberapa sosial media.

Facebook –

  • Panjang ideal dari update status:  40 karakter

Twitter –

  • Panjang ideal dari tweet:  71-100 karakter dengan link

Google + –

  • Panjang ideal dari posting:  60 karakter

Membuat CTA untuk Sosial Media

Mainkan Kekuatan Anda

Apakah Anda baru saja mulai sosial media atau Anda sudah berada di untuk sementara waktu, itu mudah untuk melupakan Anda mengapa.

Mengapa Anda menggunakan media sosial untuk bisnis?

Dan siapa yang Anda cari untuk terhubung dengan Anda?

Itu adalah orang-orang yang mencari produk atau layanan Anda.

Dengan pemikiran seperti itu, Anda harus tetap dengan topik yang telah Anda tentukan untuk menarik perhatian mereka.

Tapi terlalu sering ada satu kesalahan umum. Sebuah bisnis mem-posting konten tidak relevan yang tidak ada hubungannya dengan bidang mereka.

Mungkin Anda pernah melihatnya juga. Anda follow sebuah bisnis interior karena Anda sedang mencari inspirasi untuk interior rumah.

Tapi suatu hari, mereka mulai posting resep. Apa itu? Mengapa? Apakah mereka tersesat?

Jangan sampai seperti itu, tetap dengan rencana Anda. Salah satunya yang berfokus pada kebutuhan audience Anda.

Sekarang jangan salah. Saya tidak mengatakan Anda tidak dapat mencampur konten Anda, karena Anda harus.

Pastikan saja berbicara bahasa penggemar atau pengikut. Dan selalu bertanya pada diri sendiri …

Apakah konten ini selaras dengan brand saya?

Apakah itu berharga, mengedukasi, atau menghibur?

Jika jawabannya tidak, jangan gunakan konten tersebut.

Gunakan Gambar yang Eye-Catching

Berusaha meningkatkan keterlibatan Facebook organik? konten visual yang bisa menjadi kunci.

Menurut sebuah studi oleh  AdRoll , menambahkan CTA untuk Halaman Facebook Anda dapat meningkatkan click through rate sampai 285%.

Dan bagaimana Twitter?

Kissmetrics menemukan bahwa konten dengan gambar yang relevan mendapat 94% lebih views dari konten tanpa gambar yang relevan.

Tidak ada keraguan dengan hal itu, konten visual dapat memiliki dampak besar pada CTA Anda.

Jika Anda ingin menginspirasi audience Anda untuk mengambil tindakan, menyelingi menyenangkan, relatable, pendidikan dan visual informatif.

Anda tidak perlu melakukan hardsell untuk membuat orang membeli produk bisnis Anda.

Yang Anda butuhkan adalah otentik, informasi yang ditargetkan yang menawarkan wawasan ke siapa Anda dan mengapa mereka harus mengambil tindakan dengan Anda hari ini.

Berikut adalah contoh yang bagus dari The Instagram Expert, Sue B Zimmerman. Dia posting gambar visual yang fantastis dengan membuat CTA untuk Sosial Media yang disukai audience.

Membuat CTA untuk Sosial Media 5

  1. Mendorong Traffic ke Website Anda

Kami akan menganggap Anda memiliki website dan profil sosial media untuk perusahaan atau bisnis Anda.

Anda menggunakan website tersebut untuk menangkap lead, kontak dan penjualan.

Tapi mungkin CTA di sosial media Anda tidak selaras dengan tujuan tersebut.

Langkah pertama Anda adalah memahami 3 kategori audience Anda dibagi menjadi.

Ada orang-orang yang…

  • Mengikuti Anda di sosial media, tetapi belum terlibat bisnis Anda
  • Mengikuti Anda di media sosial dan merupakan  klien/ user /buyer
  • Jangan mengikuti Anda di media sosial, namun perlu produk / jasa

Masing-masing punya kesempatan untuk terlibat, memperbaharui atau menciptakan hubungan baru.

Jadi bagaimana Anda mulai menarik mereka dari sosial media Anda ke website Anda? Anda meminta mereka untuk melakukannya.

Sebuah CTA yang kuat memiliki satu tujuan. Mengarahkan orang menuju ke website Anda.

Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah untuk membuat CTA untuk sosial media dalam posting atau tweet Anda sulit untuk ditolak.

Ini harus mencakup segala sesuatu yang mereka perlu tahu untuk berhenti dan membaca.

Hal ini juga perlu untuk menawarkan bimbingan dan arahan.

Kata-kata apa yang digunakan di CTA Anda?

Kebanyakan kata-kata atau frase untuk CTA dalam bentuk pernyataan sederhana. Pernyataan yang mendorong dan memotivasi pembaca untuk mengambil langkah berikutnya.

Untuk membuat CTA di sosial media, berikut ini adalah beberapa kata yang mempunyai dampak besar. Anda bisa mengggunakannya ke dalam konten untuk menciptakan urgensi dan ketertarikan.

Urgensi

  • Hanya tinggal x hari
  • Persediaan terbatas
  • Segera ditutup
  • Selama persediaan masih ada
  • Hanya hari ini
  • Kesempatan terakhir
  • Penawaran berakhir pada “tanggal”
  • Buruan
  • Segera
  • Sekarang

Eksklusif

  • Sekarang ditutup
  • Member only / Subscriber only
  • Hanya tersedia untuk ___
  • Pre-register / Pre-order
  • Tempat terbatas
  • Kkses eksklusif

Persuasif

  • Anda
  • Menjamin
  • Hasil
  • Gratis
  • Karena
  • Baru

Kesimpulan

Elemen mana yang telah disebutkan sebelumnya yang cocok untuk membuat CTA untuk sosial media Anda? Mana yang akan Anda tambahkan ke dalam posting sosial media Anda?

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa tidak ada CTA yang tiba-tiba mendorong banyak traffic ke website Anda.

Sama seperti dengan tool marketing lainnya, Anda harus mempunyai beberapa strategi dalam bagaimana Anda menggunakannya.

Kemudian mulai menguji atau lakukan tes secara teratur. Selanjutnya cari tahu mana yang tidak mempunyai dampak yang kurang efektif dan cari tahu juga mana yang bekerja efektif pada kampanye sosial media Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan CTA, konten, maupun strategi mana yang bisa Anda gunakan selanjutnya.

Anda bisa berbagi pendapat Anda tentang membuat CTA untuk sosial media bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

Write A Comment