Mendapatkan omset lebih banyak? Siapa yang tidak mau?
Sebagai entrepreneur, kita harus pandai dalam melihat peluang dan segera menemukan ide marketing yang tepat agar bisa langsung menjalankannya.
Peluang itu bisa datang dari mana saja. Misalkan seperti memanfaatkan moment liburan atau hari-hari besar.
Akhir tahun seperti sekarang ini contohnya. Menjelang Natal dan Tahun Baru, bisnis online pasti mengalami peningkatan dalam penjualan.
Ok, ini menarik! Kita hanya perlu ide marketingnya nih!
Bagaimana menemukan ide marketing yang tepat agar penjualan Anda bisa meningkat dan Anda juga mendapatkan omset lebih banyak dari moment liburan?
Kalau begitu Anda berada di artikel yang tepat!
Kita akan membahas berbagai macam ide marketing yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda!
Ayo kita mulai!
Mendapatkan Omset Lebih Banyak dengan Memanfaatkan Moment Liburan di Tahun 2017
- Campaign dengan Adwords
Apa pun bidang Anda, retail, B2B, finance, atau asuransi, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan omset lebih banyak!
Menggunakan AdWords merupakan salah satu ide marketing yang bagus untuk moment-moment liburan.
Bagaimana caranya? Buat campaign yang targetnya adalah para pembeli yang akan menyambut liburan.
Misalnya nih, Anda menjual pakaian wanita. Anda bisa menargetkan keyword seperti “hadiah untuk keluarga dan teman.”
Kemudian, buat iklan yang spesifik dan landing page untuk mengarahkan mereka yang tertarik untuk belanja ke toko Anda selama musim liburan.
Gunakan taktik seperti free ongkir atau kasih kejutan ke para pembeli dengan mengemas belanjaan mereka dengan rapi dan bagus.
Atau, bisa juga dengan memberikan diskon 20% sebelum tanggal tertentu. Tampilkan benefit ini di landing page Anda untuk menarik orang belanja di web Anda.
Kalau Anda bukan dalam industry B2C, tenang saja masih ada cara kreatif lainnya dengan menggunakan campaign AdWords.
Biasanya kan kalau dimusim liburan orang suka sekali mencari produk yang ada potongan harganya, Anda bisa melakukan promosi dengan memberika diskon spsesial di AdWords.
Berikut ini ada tambahan tips untuk Anda yang perlu diingat :
- Gunakan ad copy yang mencantumkan kata “liburan” atau kalimat “ini musimnya.”
- Highlight penawaran special dan deal musiman.
- Berikan sesuatu yang sifatnya urgent. Misalkan seperti “diskon 40% sebelum tanggal 20 Desember.”
- Pastikan kalau penawaran produk Anda relevan dengan momentnya.
- Atur jadwal iklannya tepat waktu, jadi nanti iklannya akan mulai ketika orang mencarinya.
Selalu diingat ya, orang suka mencari deal selama musim liburan. Dengan menggabungkan urgensi ke dalam ad copy AdWords Anda, ini akan menjadi cara yang keren untuk menarik orang belanja dan mendapatkan omset lebih banyak.
- Google Shopping
Kalau Anda menjual produk fisik dan belum menggunakan Google Shopping, nah mulailah untuk membuat Google Shopping campaign pertama Anda!
Ide marketing ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan omset lebih banyak karena lewat Google Shopping, orang-orang akan merasa nyaman dan bisa membuat mereka melakukan pembelian secara instan.
Soal tantangannya, sudah pasti secara tampilan ya. Anda akan masuk ke dalam kompetisi visual.
Tapi selama gambar Anda menarik dan campaignnya sudah diatur secara baik, tidak perlu khawatir, itu semua akan bekerja dengan baik dalam menghasilkan konversi.
- Manfaatkan Social Media
Social media seperti Instagram adalah platform yang bagus untuk membuat bisnis Anda lebih bersinar.
Orang-orang mungkin sudah memposting foto selfie dan gambar-gambar dekorasi, tapi kan itu sangat membosankan. Anda bisa memberikan iklan yang fun disela-sela itu.
Coba Anda cek contoh dari sebuah restoran ini. Bukan cuma menampilkan produk yang limited edition, tapi para pekerja restoran secara kreatif membuat sesuatu yang unik! Sampai mengukir labu untuk tema Halloween dan menggunakan emoji musiman dalam ad copy mereka loh.
Baca ini juga : Tips for marketing a restaurant on Instagram dari Wordstream.
- Beri Hadiah di Social Media
Ngomong-ngomong soal Instagram, ada ide marketing bagus lain untuk Anda.
Beri audience Anda hadiah secara free untuk menarik perhatian mereka.
Tidak cuma dengan Instagram, Anda bisa menggunakan platform social media lainnya seperti Facebook, Snapchat, Twitter, dll.
Walaupun ada iklan yang mencantumkan diskon besar-besaran, iklan yang menawarkan produk gratis (walaupun produknya kecil) akan lebih diminati audience.
Anda bisa meminta audience untuk ikut berpartisipasi dengan memberikan komentar, share atau like.
Ini taktik jitu agar yang akan meningkatkan engagement Anda dengan audience.
Contoh gambarnya seperti di bawah ini.
- Kirim Penawaran Lewat Email
Anda menggunakan email marketing? Kalau begitu manfaat itu! Buat ad copy berhubungan tentang moment liburan yang menarik dan kirimkan ke para subscriber Anda.
Misalnya seperti iklan di bawah ini
Email marketing dari Rent the Runway ini langsung menarik perhatian pembaca.
Mungkin pada akhirnya tidak semua pembaca akan langsung menyewa pakaian, tapi dengan email itu, pembaca akan teringat kembali kalau suatu saat mereka membutuhkan jasa tersebut untuk menyewa pakaian untuk acara tertentu.
Perhatikan email subject Anda ketika menggunakan ide marketing ini untuk moment liburan.
Mirip dengan ad copy di AdWords campaign Anda, penting untuk memberikan dorongan kepada mereka agar mau berbelanja di tempat Anda.
Ingat, tanamkan urgensi sebagai strategi besar marketing Anda.
Berikut ini ada beberapa contoh email subject yang bekerja dengan baik.
- Segmentasikan Pengguna Berdasarkan Apa yang Anda Ketahui
Sebagai digital marketer, kita tahu kalau data pengguna merupakan hal yang penting dan bisa membawa keuntungan untuk campaign Anda.
Pertanyaannya sekarang, apakah Anda benar-benar menggunakan data ini?
Kalau tidak, sudah waktunya Anda untuk membentuk pesan segmentasi di moment liburan ini!
Mempersonalisasikan pesan adalah sebuah ide marketing yang cerdas untuk tetap terhubung lebih dalam dengan konsumen Anda.
Misalnya segmen Anda ibu-ibu, Anda bisa membuat sebuah content yang menunjukkan bagaimana bisnis Anda menaruh empati dengan membayangkan bagaimana stressnya para ibu-ibu ini sewaktu liburan dan rumah penuh dengan anak kecil.
Kemudian targetkan para lead dengan yang ad copy yang relevan. Kalau tidak relevan, nanti mereka tidak akan tertarik dengan penawaran Anda.
Manfaatkan data yang Anda kumpulkan melalui platform seperti Facebook atau Google Analytics.
Manfaatkan juga audience yang sejenis pada platform ini untuk mendapatkan calon customer baru.
- Kreatif dengan Video
Seperti yang kita tahu, jaman sekarang ini, kalau hanya cuma membuat iklan yang berupa tulisan atau gambar saja rasanya sudah biasa.
Kita perlu sesuatu yang berbeda. Bagaimana kalau Anda menggunakan video untuk iklan untuk produk Anda?
Tentu saja akan menjadi lebih menarik dan hidup, apalagi pada moment liburan.
Anda bisa mulai membuat video Anda sendiri dan ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih kreatif loh!
Karena momentnya adalah liburan, Anda bisa membuat video yang santai dan terlihat fun. Sesuaikan dengan temanya ya!
Kesimpulannya…
Ok, sekarang kita hampir masuk ke akhir artikel. Apa yang bisa dipetik?
Poin intinya adalah kita sebagai entrepreneur harus bisa menangkap peluang dan memanfaatkan setiap moment seperti saat-saat liburan atau menjelang hari-hari besar.
Gunakan ide marketing yang telah kita bahas untuk mendapatkan omset yang lebih banyak di musim liburan setiap tahunnya ok!
Tetap tekun dan semangat dalam menjalankan bisnis Anda, maka hasilnya nanti akan terlihat.
Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!
Kalau Anda butuh bantuan atau mau belajar lebih banyak lagi soal digital marketing, Anda bisa bergabung di DigitalMarketerid Labs.
Kalau Anda tahu cara mendapatkan omset lebih banyak dengan ide marketing lain atau ada pengalaman seru berhubungan dengan topik ini, bagikan saja kepada Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya yuk!
Anda bisa langsung mengisi kolom komentar di bawah ya!