Apa yang Anda lakukan setelah Anda telah menulis artikel di blog?
Apakah Anda langsung membuat artikel yang berikutnya?
Content marketing bukan hanya tentang menulis artikel di blog dan mempublishnya saja.
Jika Anda ingin blog atau website Anda untuk benar-benar tumbuh dan mempunyai banyak pembaca dan dapat mengonversi leads, Anda harus melakukan lebih dari sekedar menulis artikel di blog.
Berikut ini adalah 5 langkah yang harus dilakukan setelah menulis artikel di Blog. 5 langkah ini bisa menjadi strategi content marketing Anda.
Menanggapi Komentar
Setelah Anda menulis artikel di blog dan mempublishnya, hal pertama selanjuntnya adalah membalas komentar pembaca Anda pada artikel tersebut.
Ini adalah tempat yang bagus bagi Anda untuk benar-benar terhubung dengan audience Anda, menjawab pertanyaan mereka dan berinteraksi dengan mereka.
Adanya bisa sangat sulit didapat dan bahkan dapat menghabiskan berbulan-bulan untuk sebuah artikel mendapat komentar, Namun jika ada satu komentar yang sudah muncul, pastikan untuk menanggapinya
Membalas komentar dapat membantu meningkatkan jumlah komentar di artikel tersebut dan lain-lain sebagai audiens Anda akan lebih mungkin untuk terlibat jika mereka melihat ada seseorang untuk terlibat dengan.
Jika komentar mereka tidak ditanggapi, mereka mungkin tidak akan memberikan komentar lagi dan bahkan dapat meninggalkan blog atau website Anda untuk menemukan jawaban mereka di tempat lain.
Table of Contents
Membuat Upgrade Konten
Membuat upgrade konten mempunyai banyak keuntungan.
Suatu artikel memang penting untuk membahas suatu topic sampai tuntas. Namun kadang-kadang Anda tidak ingin membanjiri pembaca Anda dengan posting blog yang panjang karena banyak orang ingin menemukan informasi yang mudah dicerna.
Jika Anda tidak ingin membanjiri audiens Anda maka Anda dapat menawarkan upgrade konten.
Upgrade konten akan memberikan audiens Anda pilihan untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau apakah mereka senang dengan informasi yang diberikan dalam artikel di blog atau website Anda.
Sebagai contoh, Anda bisa lihat di bawah ini
Biasanya upgrade konten berisi panduan yang lebih lengkap dalam membuat atau menjalankan sesuatu. Tidak hanya membantu menawarkan pembaca Anda informasi yang lebih lengkap, tetapi juga akan membantu untuk membangun email list Anda. Anda bisa membuat ebook untuk upgrade konten Anda
Posting link Anda Saat Mengirim Email ke Email List Anda.
Salah satu hal yang paling penting yang harus Anda lakukan setelah menulis artikel di blog atau website adalah untuk mengirimkannya ke email list Anda.
Kontak yang ada dalam daftar email Anda sudah berada di warm traffic, dengan kata lain mereka sudah tertarik pada apa yang Anda tawarkan karena mereka sudah mendaftar ke email list Anda.
Hali ini dapat membantu traffic ke blog atau website Anda.
Desain email ini tidak harus sesuatu yang kompleks; bisa saja email teks yang sangat sederhana dengan beberapa link mengarahkan email list Anda ke artikel baru Anda. Atau, Anda juga bisa mengombinasikan dengan penawaran yang lain dari bisnis Anda yang berhubungan dengan artikel Anda.
Diskusikan Dalam Forum dan Facebook Groups
Sebelum Anda mulai posting link blog Anda di forum, penting untuk aktif terlebih di forum tersebut sebelum memposting link tersebut.
Jika Anda mencoba dan posting link dan mempromosikan agenda Anda sendiri sebelum menjadi anggota aktif, maka Anda mungkin bisa dilarang di forum tersebut.
Temukan beberapa forum yang relevan dengan artikel atau bisnis Anda, lalu bergabung dalam pada diskusi tanpa posting link atau mempromosikan diri sendiri.
Setelah Anda telah aktif berkomentar pada forum, maka Anda dapat mulai berbagi link ke posting blog atau website Anda asalkan masih tetap berhubungan dengan pembahasan di forum tersebut.
Tempat lain yang bagus untuk berbagi artikel blog atau website Anda adalah dalam Group Facebook.
Caranya sama dengan posting blog di forum, Anda jangan langsung memposting link artikel Anda.
Setelah Menulis Artikel di blog, Pantau Peringkatnya
Terakhir, setelah Anda menulis artikel di blog atau website, Anda harus memantau peringkat artikel yang Anda buat di google.
Anda bisa mengecek artikel Anda apakah masuk dalam halaman pertama pencarian organic google dengan search kata kunci yang telah Anda targetkan sebelumnya.
Selain itu, long tail keyword atau kata kunci panjang yang Anda pakai dalam artikel juga tidak akan memiliki efek pada peringkat secara langsung, namun tetap penting untuk melacak dan memantau artikel tersebut.
Anda dapat melacak dan memantau bagaimana peringkat artikel Anda dalam beberapa minggu atau beberapa hari, jangan setiap hari.
Peringkat ini bisa berubah-rubah, namun jika dalam waktu yang cukup lama peringkat artikel Anda kurang memuaskan, mungkin Anda menargetkan kata kunci yang kurang pas, terlalu sulit untuk para pengguna internet, atau kata kunci yang Anda gunakan terlalu kompetitif.
Jika hal ini terjadi, Anda dapat kembali ke artikel blog atau website Anda dan mengeditnya menggunakan kata kunci yang kurang kompetitif lain dan periksa kembali lagi dalam beberapa minggu.
Hal ini berkaitan dengan SEO, Anda bisa menyimak artikel berikut ini yang berhubungan memilih kata kunci >>> 5 Do & Don’t! Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Keyword untuk SEO
Kesimpulan
Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas setelah menulis artikel di blog, Anda akan mulai melihat lebih banyak traffic menuju ke blog atau website serta peningkatan keterlibatan audience.
Hal ini sangat berguna untuk menentukan stategi digital marketing Anda selanjutnya, yaitu menawarkan sesuatu yang lebih bagi Pembaca Anda.
Ada banyak ulasan artikel yang bisa Anda simak mengenai content marketing. Seperti berikut ini:
- Hubungan Content Marketing dan SEO yang Penting untuk Website Anda
- 6 Poin Jitu untuk Menggunakan Content Marketing Pada Bisnis Anda
- 3 Hal yang Harus Terlihat oleh Pengunjung di Setiap Halaman Blog Anda
Bagi Anda yang mempunyai blog atau website? Apakah Anda sudah menjalankan beberapa langkah di atas? Jika sudah, Anda bisa berbagi pengalaman Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom di bawah ini.